Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Trafik Data Internet Melonjak Selama PPKM

Sabtu, 21 Agu 2021 - 05:04 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Trafik Data Internet Melonjak Selama PPKM - inilah.com

Trafik data internet Tri Indonesia mencatatkan peningkatan tarif data internet dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat mikro di Jawa dan Bali.

Dolly Susanto, Chief Marketing Officer 3 Indonesia mengatakan selama PPKM Darurat yang diberlakukan sejak 3 Juli 2021 lalu menunjukkan dampak positif pada penggunaan data internet yang dirangkum dari seluruh pengguna 3 Indonesia.

“Pembatasan yang diterapkan membuat mayoritas aktivitas masyarakat menjadi online, tak hanya bekerja dan belajar, masyarakat juga mengakses berbagai hiburan secara online,” ungkap dia.

Dilanjutkannya, berdasarkan data dari internal 3 Indonesia, kategori aplikasi yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah digital entertainment seperti video streaming. Akses aplikasi YouTube meningkat sebesar 21 persen, Netflix 59 persen, dan Viu yang mengalami kenaikan sebesar 75 persen.

Baca juga
MenPAN RB Siapkan Dua Alternatif WFH ASN di Jabodetabek

Adapun untuk kategori video conference, penggunaan Google Meet meningkat 430 persen, Zoom sebesar 53 persen, Webex sebesar 1.207 persen, dan Microsoft Teams sebesar 2.242 persen. Sementara untuk aplikasi percakapan daring juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 30 persen.

Hal ini menunjukkan bagaimana cara masyarakat mencari hiburan dan tetap bersosialisasi dengan cara mengakses beragam konten secara digital. Selama periode PPKM berlangsung, juga terdapat momen Idul Adha yang menyumbang kenaikan data tertinggi pada kategori digital entertainment.

“3 Indonesia akan selalu hadir mendukung aktivitas digital pelanggan dengan jaringan 4.5G Pro yang luas dan kuat,” jelas dia

Tinggalkan Komentar