Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Transaksi JAW 2022 Tembus Rp2,3 Triliun

Transaksi Jaw
(ist)

Jakarta Auto Week (JAW) 2022 yang digelar di JCC, 12-20 Maret lalu, mencatat nilai transaksi yang cukup baik pada penyelenggaraan pertamanya.

Ajang pameran otomotif yang diselenggarakan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) itu memiliki fokus mendorong kegiatan penjualan.

JAW juga mendapat dukungan dari anggota GAIKINDO yang bergabung sebagai peserta, dengan menghadirkan program spesial, termasuk juga penawaran relaksasi PPnBM sepanjang pameran. Dengan demikian nilai transaksi dapat ditingkatkan dan dimaksimalkan.

Berhasil mendatangkan 53.164 calon pembeli potensial, JAW 2022 mencatatkan transaksi sejumlah 5.919 unit kendaraan dengan nilai Rp2,3 triliun pada sepanjang pameran berlangsung.

Hasil tersebut merupakan jumlah transaksi yang didapat dari para peserta JAW 2022, yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi menyebut pihaknya merasa sangat puas atas hasil transaksi itu, yang dinilai sangat baik untuk penyelenggaraan perdana JAW.

Baca juga
Perkuat Jejaring Antar-Anggota, IMI Luncurkan Aplikasi Gaspol

“Capaian transaksi pada pameran JAW yang baru pertama kali dilangsungkan ini sangat luar biasa, Kami sangat bangga, karena sesuai dengan tujuannya JAW dapat berkontribusi kepada pecapaian penjualan industri otomotif pada tahun ini,” ungkap Nangoi dalam keterangannya kepada Inilah.com, Selasa (29/3/2022).

Dia menjelaskan bahwa 53.000 lebih pengunjung yang hadir sepanjang JAW adalah para calon pembeli potensial, sehingga hasil transaksi juga mempresentasikan hal tersebut.

Menurut Nangoi, 5.919 unit yang terjual selama sembilan hari berlangsungnya JAW 2022, merupakan pencapaian yang sangat baik.

Berdasarkan pencatatan GAIKINDO, total penjualan kendaraan penumpang dikondisi normal dalam kurun waktu satu bulan adalah sekitar 13.500 unit, yang berarti 450 unit per hari nya. Dan hasil transaksi di JAW telah berhasil melampaui hasil penjualan kendaraan selama sembilan hari kondisi normal di Jakarta.

Baca juga
Perhatikan Hal Ini Ketika Berkendara dalam Kondisi Hujan Deras

Data transaksi tersebut juga telah dilaporkan GAIKINDO kepada Kementerian Perindustrian, yang kemudian memberikan respon sangat positif.

Kementerian Perindustrian juga berharap agar JAW dapat menjadi agenda tahunan untuk memberi dorongan terhadap pencapaian penjualan tahunan industri otomotif Indonesia.

“Hasil yang dicapai JAW, memberikan semangat dan meningkatkan rasa percaya diri GAIKINDO untuk menjadikan JAW sebagai agenda pameran otomotif tahunan,” ujar Nangoi lagi.

JAW Siap Kembali Tahun Depan

Kehadiran pengunjung potensial diakui para peserta sebagai pemicu terjadinya transaksi sepanjang pameran JAW 2022. Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO, yang sekaligus Ketua Penyelenggara pameran GAIKINDO juga menyatakan rasa bangganya terharap pameran yang fokus untuk menciptakan potensi penjualan ini.

Baca juga
Cek Rutin Ban Serep Agar Layak Pakai Saat Diperlukan

“Penyelenggaan JAW yang pertama ini berhasil mencatatkan hasil yang sangat memuaskan baik untuk GAIKINDO maupun untuk para peserta, karena pengunjung yang hadir benar-benar tepat sasaran, sehingga mendorong pencapaian transaksi peserta,” ujarnya.

Menurut Rizwan, area dealing di booth para peserta bahkan hampir tidak pernah kosong,

“Para peserta juga menyampaikan bahwa mereka telah mencapai bahkan melebihi target yang mereka sasar pada JAW 2022. Hal ini meyakinkan GAIKINDO untuk kembali melaksanakan JAW tahun depan,” lanjut dia.

Gelaran JAW akan menjadi rencana berkelanjutan GAIKINDO untuk menjaga gairah pasar otomotif di Indonesia, dan tahun depan JAW akan hadir dengan lebih meriah.

“Pada JAW berikutnya GAIKINDO akan mendorong para peserta menghadirkan semua yang terbaik, perkenalan kendaraan baru, dan tentunya dengan penawaran yang lebih spesial dari tahun ini,” tutup Rizwan.

Tinggalkan Komentar