Transformasi BUMN Bawa Erick Thohir Raih Penilaian Sistem Merit Tertinggi

Transformasi BUMN Bawa Erick Thohir Raih Penilaian Sistem Merit Tertinggi - inilah.com
ist

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meraih nilai Sistem Merit tertinggi dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN). Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, capaian ini tidak lepas dari transformasi yang dilakukan-nya diperusahaan pelat merah.

“Tentu ini membangun optimisme kami, bahwa transformasi yang kami lakukan di Kementerian BUMN ini berjalan dengan baik,” kata Erick dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jumat (8/10/2021).

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 itu menambahkan bahwa ia bersama jajaran tidak akan berpuas diri dengan capaian tersebut.  Apresiasi dari KASN harus semakin memacu kinerja Kementerian BUMN.

“Ini tentu menggembirakan bagi kami, tapi bukan membuat kami terlena, justru memacu kami untuk mempertahankan-nya dan biasanya mempertahankan itu lebih sulit,” ujar Erick.

Baca juga  Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Indonesia Atasi Perubahan Iklim Dunia

Mantan bos klub Inter Milan itu akan terus mendorong Kementerian BUMN dan perusahaan pelat merah terus menjiwai core value AKHLAK, yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Bahwa transformasi BUMN dari segi SDM juga dinilai sangat baik dan hasilnya baik dan ini saya tentu ingin mengucapkan terima kasih atas KASN dan tentu para tim Kementerian BUMN yang menjiwainya sama sesuai dengan core value kita AKHLAK. Dan saya berharap ini terus kita jaga dan insyaAllah akan terus kita pertahankan,” tutur Erick.

Melalui transformasi BUMN dan AKHLAK, pada tahun 2020, BUMN masih mampu memberikan kontribusi kepada negara mencapai Rp375 triliun.

Baca juga  Kerja Sama Dagang Diteken, Mendag Lutfi Serius Ingin Genjot Ekspor Otomotif, Alumina & Emas ke UEA

“Kami mengawasi dan membenahi korporasi, sehingga di 2020 kinerjanya pada saat COVID-19 tetap bisa memberikan kontribusi Rp375 triliun kepada negara,” tandas bos Mahaka Grup tersebut.

Sebelumnya, Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) mencatat dari total 34 kementerian, terdapat 13 kementerian yang dinilai sangat baik. Dua di antaranya berhasil memperoleh nilai Sistem Merit tertinggi, yaitu Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan.
“Kami berharap dengan sistem yang dibangun melalui Sistem Merit akan mampu menghasilkan para ASN yang profesional, mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan mensejahterakan bagi bangsa ini,” kata Ketua KASN Agus Pramusinto.
Sebagai informasi, sistem merit menurut Pasal 1 Undang-Undang No. 5 tahun 2014, adalah kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan dan umur.
Sementara itu, sistem merit menurut Merriam-Webster Dictionary  yaitu, sistem dimana rekrutmen dan promosi pegawai dilaksanakan berdasarkan kemampuan dalam melaksanakan tugas, bukan dikarenakan oleh koneksi politik.

Tinggalkan Komentar