Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Transformasi Fisik Elon Musk Susut 13 Kilogram, Ini Rahasianya!

Minggu, 20 Nov 2022 - 23:22 WIB
Elon Musk
(ist)

Miliarder Elon Musk tak bisa lepas dari kontroversi. Yang paling hangat adalah pengambilalihan saham platform media sosial Twitter. Namun ada hal lain yang menarik dari Elon Musk yakni transformasi tubuhnya yang berhasil menyusut 13 kilogram. Apa rahasianya?

Pendiri SpaceX ini menarik perhatian untuk transformasi fisiknya baru-baru ini. Ia mengklaim telah turun 30 pon, atau hampir 13 kg. Seorang pengguna Twitter baru-baru ini membagikan foto Musk, mengomentari transformasinya yang luar biasa.

Pengguna menulis, “Beratmu turun satu ton, Elon! Teruslah bekerja dengan luar biasa.” Musk pun langsung menjawab, “Turun 30 lbs!”

Orang lain juga memberi selamat kepadanya atas prestasinya. “Selamat E! Luar biasa,” tulis seorang pengguna. Yang lain menambahkan, “Ini bisa menjadi jalan yang sulit, tetapi teruslah melakukannya dan Anda akan sampai di sana!”

Rahasia penurunan berat badan

Beberapa pengguna mengungkapkan keterkejutan mereka melihat transformasi besar-besaran ini. Seorang pengguna Twitter bertanya kepada ‘Chief Twit’ ini bagaimana dia berhasil menurunkan begitu banyak berat badan.

Musk mengungkapkan 3 hal yang berhasil untuknya yakni “Puasa + Ozempic/Wegovy + tidak ada makanan enak di dekat saya,” katanya di Twitter.

Puasa untuk menurunkan berat badan adalah sesuatu yang telah dicoba Musk selama beberapa waktu. Aktivitas ini juga secara konsisten menurunkan berat badan CEO Tesla ini. Dalam sebuah tweet pada 28 Agustus, dia menceritakan bahwa dia telah berpuasa secara berkala atas saran seorang teman dan merasa lebih sehat.

Baca juga
Hansamu Yama Trending Usai Peluang di Depan Gawang Brunei Melayang

“Atas saran seorang teman baik, saya sudah berpuasa secara berkala dan merasa lebih sehat. Aplikasi puasa Zero cukup bagus,” tulisnya di Twitter. Berbagi kemajuannya, dia menambahkan bahwa dia turun lebih dari 20 lbs (9 kg), ketika itu.

Seorang pengguna Twitter bertanya kepada Musk apakah mengonsumsi obat diabetes Ozempic juga membuatnya mengalami efek samping seperti sendawa yang rasanya seperti telur busuk.

“Bro, saya juga minum Ozempic untuk diabetus saya. Apakah itu membuat Anda bersendawa juga? Rasanya seperti telur busuk lol ugh,” tulis pengguna tersebut. “Ya, level selanjutnya,” jawab Musk.

Apa itu Wegovy dan Ozempic?

Wegovy dan Ozempic adalah nama merek untuk semaglutide yang dikenal sebagai obat diabetes. Ozempic telah disetujui pada tahun 2017 untuk penggunaan medis dalam pengobatan diabetes. Sementara, Wegovy disetujui untuk digunakan di 2021 dalam pengelolaan berat badan.

Apa perbedaannya? Semaglutide awalnya dikembangkan untuk mengobati diabetes tipe 2 pada orang dewasa dan dipasarkan dengan nama merek Ozempic. Digunakan bersamaan dengan diet dan olahraga, obat ini meningkatkan kontrol glikemik pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2.

Baca juga
Rayan, Bocah 5 Tahun Tercebur Sumur Sedalam 32 Meter yang Ceritanya Menyentuh Dunia

Bentuk injeksi semaglutide diberikan seminggu sekali dan dapat diberikan di rumah oleh pasien dengan pena injeksi, mirip dengan EpiPen.

“Para peneliti mulai melihat efek lain dari obat tersebut, seperti mengurangi rasa lapar dan mengidam serta penurunan berat badan,” kata Kelley M. McIntyre, MD, ahli bedah bariatrik dari Norton Weight Management Services, mengutip Nortonhealthcare.

Ozempic dan Wegovy adalah obat resep bermerek (keduanya dapat disuntikkan), yang digunakan sebagai hormon usus. Fungsi dasar obat ini adalah mengubah kadar insulin pada pasien diabetes.

Sedangkan untuk menurunkan berat badan, obat-obatan ini membantu rasa kenyang lebih awal, sehingga Anda mulai merasa kenyang lebih cepat.

Obat ini juga menunda pengosongan lambung, yang berarti makanan yang Anda makan bergerak perlahan melalui usus, juga membuat merasa kenyang lebih lama. Nafsu makan yang berkurang dapat membantu dalam mengatur berat badan.

Kemungkinan efek samping lain

Terlepas dari efek samping yang disetujui Musk di Twitter, obat ini juga dapat menyebabkan beberapa efek samping lain yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Jadi tidak bisa dilakukan secara gegabah oleh siapapun.

Menurut situs web resmi Wegovy dan juga FDA AS, kemungkinan efek samping ini termasuk kanker, gagal ginjal, pikiran untuk bunuh diri, detak jantung meningkat, masalah kandung empedu, mual, diare, muntah, sembelit, sakit perut, sakit kepala, kelelahan, gangguan pencernaan, pusing, gastroenteritis, dan penyakit gastroesophageal reflux. Ada juga potensi risiko tumor sel C tiroid dan reaksi alergi.

Baca juga
Tesla Akan Pindahkan Kantor Pusatnya ke Austin, Texas

Secara umum, dokter menyarankan untuk tidak menggunakan obat ini untuk menurunkan berat badan. Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengikuti diet penurunan berat badan Musk.

Meskipun apa yang dilakukan Elon Musk membawa hasil dalam program penurunan berat badannya dengan obat-obatan, ada cara yang lebih baik dan sehat yang bisa Anda lakukan. Yakni membuat pilihan makanan sehat dan meminimalkan karbohidrat yang cepat dicerna demi protein sehat dan lemak. Jangan lupa pula diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga.

 

Tinggalkan Komentar