Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Tren Kasus Positif Menurun, Masyarakat jangan Lengah

Rabu, 01 Sep 2021 - 16:06 WIB
Tren Kasus Positif Menurun, Masyarakat jangan Lengah  - inilah.com

Tren kasus terkonfirmasi positif belakangan menunjukkan angka penurunan. Meski begitu, Pemerintah mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak lengah dalam menghadapi pandemi ini.

Penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbukti bisa menekan penyebaran covid-19. Hal ini melihat adanya beberapa daerah yang berhasil menurun dari PPKM level 4 menjadi level 3, bahkan hingga menjadi level 2.

“Namun demikian kita harus tetap waspada kita bisa berkaca pada India yang saat ini sedang mengalami kembali peningkatan kasus setelah adanya perayaan festival. Selain itu banyak negara yang sudah cakupan vaksinasinya cukup tinggi tetapi kemudian terjadi tren peningkatan kasus. Tentunya kita harus tetap waspada, terutama dalam upaya kita bersama mencapai 70 persen sasaran penduduk Indonesia mendapatkan vaksinasi covid-19,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi, Jakarta, Rabu, (01/09/2021).

Baca juga
Varian Omicron Mulai Masuk Wilayah Jatim

Masih menurutnya, upaya pemerintah tentunya perlu dukungan terutama dari pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapan untuk menghadapi lonjakan kasus tetap memperkuat testing, tracing, serta memperkuat protokol kesehatan tidak boleh lengah dan tetap disiplin protokol kesehatan.

“Dan tentunya mendapatkan vaksinasi bagi masyarakat rentan lainnya. Untuk masyarakat, walaupun kita sudah mencapai kondisi lebih baik dibandingkan kondisi kita yang dahulu, bukan berarti ancaman terhadap peningkatan lonjakan kasus itu sudah selesai,” tambahnya.

Dia mengingkatkan, varian mutasi virus covid-19 terus terjadi untuk itu jangan pernah lengah tetap disiplin protokol kesehatan. Menerapkan 5M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghidari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Baca juga
Ginkgo Biloba, Si Ajaib Cegah Darah Macet hingga Bantu Pasien COVID-19

 

Tinggalkan Komentar