Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

Tsunami di Cilegon Belum Pasti, BMKG: Itu Peta Bahaya

Rabu, 01 Des 2021 - 20:44 WIB
Penulis : Anton Hartono
Dwikorita Bmkg - inilah.com
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (foto istimewa)

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menegaskan kabar tsunami yang berpotensi terjadi di Cilegon, Banten masih belum pasti terjadi, namun pihaknya baru sebatas mengingatkan warga untuk waspada.

“Itu peta bahaya yang disusun duluan dengan skenario terburuk, jadi hanya untuk mitigasi aja,” ujarnya, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, BMKG membuat peta bahaya untuk wilayah pantai Indonesia yang berpotensi tsunami, salah satunya di Cilegon. Karena itu BMKG melakukan pemetaan bencana sebagai antisipasi skenario terburuk.

Jika memang terjadi bencana, masyarakat sekitar telah memiliki langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencegah terjadinya korban dan kerusakan dahsyat akibat tsunami.

Selain Cilegon, BMKG juga menyebutkan sejumlah pantai di Indonesia berpotensi tsunami. Mulai dari Pantai Barat Sumatra dari Aceh hingga Lampung, Selat Sunda, Pantai Selatan Jawa, Bali, Lombok, Nusa Tenggara hingga Pantai Selatan Papua.

Baca juga
BMKG Prakirakan Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Daerah Indonesia

“Samudera Hindia itu rawan tsunami. Kemudian dari Samudera pasifik rawan tsunami, kemudian Selat Makassar juga,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar