Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Tugas Luhut Lintas Sektor, Kenapa Bukan Sandiaga?

Selasa, 21 Sep 2021 - 09:43 WIB
Penulis : Willi Nafie
Tugas Luhut Lintas Sektor, Kenapa Bukan Sandiaga? - inilah.com
Foto Istimewa

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Tim tersebut tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang ditandatangani pada 8 September 2021.

Luhut dibantu oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso sebagai Wakil Ketua.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjadi Ketua Harian dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki sebagai Wakil Ketua Harian.

Kenapa Bukan Sandiaga ?

Tugas dan fungsi utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan. 

Kemenparekraf juga berfungsi memperkuat kemampuan industri kreatif untuk bersaing dengan produk-produk ekonomi kreatif impor, serta mempromosikan berbagai jenis produk ekonomi kreatif Indonesia, sehingga mampu mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi kreatif lainnya yang dapat mendukung ekonomi regional dan nasional.

Bila dilihat dari tugas tersebut, maka pertanyaannya mengapa Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia tak diserahkan saja kepada enteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno?

Tugas-tugas Lintas Sektor Luhut 

Jabatan Luhut semakin bertambah. Saat ini Menko Kemaritiman dan Investasi serta Ketua Tim Gernas BBI. Koordinator PPKM Jawa-Bali dan Wakil Ketua Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN).

Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dan Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Nasional.

Baca juga
Turis Asing Mulai 7 Maret 2022 Bisa ke Bali Bebas Karantina

Luhut pernah menjadi pelaksana tugas (plt) Menteri ESDM, plt Menteri Perhubungan, dan plt Menteri perikanan, namun sudah tidak menjabat seiring penunjukan tokoh baru di Kabinet Indonesia Maju.

Tinggalkan Komentar