Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Tukar Minyak Jelantah Jadi Uang dan Emas

Senin, 27 Sep 2021 - 15:15 WIB
Penulis : Anton Hartono
Tukar Minyak Jelantah Jadi Uang dan Emas - inilah.com
istimewa

Demi mengurangi persoalan lingkungan, Pemerintah Kota Bandung menampung minyak jelantah atau minyak goreng bekas dari rumah tangga untuk selanjutnya dapat ditukar dengan uang.

Ini merupakan program Beli Jelantah (Betah) yang diusung pemerintah setempat untuk mencegah warga yang kerap membuang minyak jelantah secara sembarang. Tentunya kondisi tersebut mengakibatkan pencemaran lingkungan dan mencegah penyumbatan di saluran air atau drainase.

“Nantinya minyak jelantah dari warga itu akan diolah oleh Bank Sampah Resik PD Kebersihan, ujar Oded M. Danial,  Wali Kota Bandung.

Warga bisa menukarkan satu kilogram minyak jelantah dengan uang tunai sebesar Rp3.000. Dari program ini diyakini dapat sekaligus meringankan beban perekonomian masyarakat, karena bisa membantu menambah penghasilan tambahan warga.

Baca juga
Harga Minyak Goreng Melambung, Waspadai Bahaya Minyak Jelantah

Oded meminta seluruh jajaran bisa lebih aktif membangun kerja sama terkait Program Betah. Ini untuk menjaga kelestarian lingkungan Kota Bandung lebih maksimal.

“Program ini harus terintegrasi dan ujungnya jadi bisa bermanfaat,” harapnya.

Bagi warga Kota Bandung yang berminat menjual minyak jelantahnya bisa langsung datang ke Bank Sampah Resik PD Kebersihan di Jl babakan Sari 1 No.64, Babakan Sari, Kiaracondong, Kota Bandung.

Mengenai hal ini, Direktur Utama PD Kebersihan Gun Gun Saptari Hidayat menjelaskan pihaknya sudah mengadakan pelatihan kepada masyarakat untuk pengolahan jelantah. Sementara ini Pemkot Bandung 1 kilogram jelantah dihargai Rp3.000.

“Nanti bisa dicatat dalam bentuk tabungan atau bisa ditukar emas mini,” jelasnya.

Pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan Asosiasi Kafe dan Restoran (Akar) Jawa Barat sebagai pengumpul jelantah berskala besar. Karena selanjutnya jelantah yang terkumpul akan diekspor ke wilayah Eropa untuk dioleh menjadi biodiesel.

Baca juga
Harga Minyak Goreng Melambung, Waspadai Bahaya Minyak Jelantah

Ini juga sebagai upaya menghindari adanya penampung nakal yang mendaur ulang minyak jelantah menjadi minyak goreng.

Tinggalkan Komentar

×