Jumat, 12 Agustus 2022
14 Muharram 1444

Tumbuhkan Desa Wisata, Menteri Sandi Targetkan 1,1 Juta Lapangan Kerja Baru

Jumat, 24 Jun 2022 - 22:18 WIB
Tumbuhkan Desa Wisata, Sandi Targetkan 1,1 Juta Lapangan Kerja Baru
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sandiaga S Uno.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno termasuk menteri yang rajin keliling desa. Dia ingin bangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif demi menumbuhkan jutaan lapangan kerja.

Tari Tor-tor, air terjun Bahgula, Green Canyon, Batu Boru Manjile, sampai pesona arum jeram Sungai Bah Bolon, menurut Menteri Sandi adalah destinasi wisata luar biasa.

Letaknya di Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara. Itu pula yang menjadikan Buluh Duri masuk daftar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Kata Menteri Pariwisata dan Ekraf, Sandiaga S Uno, Jakarta, Jumat (24/6/2022), ADWI 2022 merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dalam menggerakkan kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia.

Baca juga
Potensi Wisata Religi US$5,5 Miliar, Menteri Sandi Berharap Masuk Desa Bubohu

Setelah menyambangi Nias Selatan, Menteri Sandi melanjutkan ke desa wisata Bulu Duri di Kabupaten Serdang Bedagai. Sambutan hangat menyapa sejak Menteri Sandi bersama rombongan tiba. Beragam pertunjukan seni dan budaya disuguhkan. ”Kepada semua masyarakat Desa Wisata Buluh Duri, saya ucapkan selamat, menjadi pemenang desa wisata terbaik, 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022,” kata Menteri Sandi.

Merespons amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri sandi terus berupaya membangkitkan lagi sektor pariwisata dan ekraf yang sempat ‘terlelap’ karena pandemi COVID-19. ”Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam targetnya mencetak 1,1 juta lapangan pekerjaan,” tegasnya.

Baca juga
Asyik! Menteri Sandi Tegaskan Ajang Musik Sudah Dapat Digelar

“Salah satu program unggulannya adalah desa wisata. Tahun lalu, kita menargetkan 700 desa wisata ternyata 1.800 yang mendaftar. Tahun ini, 3.500 yang mendaftar. Berarti menunjukkan bahwa desa wisata ini sebagai sumber penciptaan lapangan pekerjaan,” imbuh Menteri Sandi.

Tinggalkan Komentar