Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

UHAMKA Masuk Universitas Terbaik ke-66 di Indonesia Versi Webometrics

UHAMKA - inilah.com
Foto Uhamka

Sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia berhasil masuk dalam pemeringkatan Webometrics Rank 2022. Dalam penilaian tersebut Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA (Uhamka) menempati peringkat ke-66 perguruan tinggi terbaik di Tanah Air.

“Alhamdulillah, rasa syukur kami segenap sivitas Uhamka kepada Allah SWT atas capaian yang begitu besar dalam penilaian Webometrics sebagai perguruan tinggi terbaik kelima untuk tingkat Perguruan Tinggi Muhammadiyah, ke-66 perguruan tinggi se-Indonesia, dan peringkat pertama berdasarkan Webometrics Impact Ranking 2022 kategori Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia,” ujar Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (02/02).

Baca juga
Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Rumah Khusus MBR di Gorontalo

Ia mengatakan bahwa hal itu suatu kebanggaan karena pada Januari 2021 Uhamka berada di peringkat ke-227. Perilisan ketiga peringkat tersebut langsung oleh Webometrics Ranking of World Universities 2022 pada akhir Januari 2022. Webometrics Ranking of Universities merupakan pemeringkat yang Cybermetrics Lab nobatkan, sekelompok peneliti dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC) yang merupakan badan penelitian terbesar di Spanyol dan menilai seluruh perguruan tinggi sedunia setiap dua kali dalam setahun.

Pemeringkatan itu mulai pada 2004 dan berdasarkan pada kombinasi indikator yang memperhitungkan volume dan konten web, visibilitas, dan dampak publikasi pemberitaan sesuai dengan jumlah tautan eksternal yang telah terima.

Baca juga
Foto: Habiskan Rp5 Triliun, Lintasan KA DDT Manggarai-Cikarang Belum Difungsikan

“Dengan adanya pemeringkatan ini, Uhamka dapat membuktikan bahwa kampus ini dapat bersaing di kancah internasional maupun nasional dan terbukti akan pemeringkatan yang dicapai dengan angka gemilang dari hasil capaian-capaiannya sebagai kampus terbaik dari kampus lainnya,” kata dia.

Gunawan menambahkan hal itu merupakan suatu kesempatan besar bagi Uhamka untuk selalu berupaya meningkatkan kredibilitas sebagai universitas yang memiliki visi misi menjadi Prophetic Teaching University pada 2024.

“Perankingan webometrics ini menjadi acuan universitas dunia dalam mengembangkan akademik dan nonakademik, maka Uhamka menjadikan pemeringkatan ini sebagai salah satu acuan mengembangkan universitas,” kata dia.

Tinggalkan Komentar