Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Ukraina Resmi Daftarkan Diri Jadi Anggota NATO

Sabtu, 01 Okt 2022 - 12:49 WIB
Sikapi Keputusan Putin, Ukraina Akhirnya Resmi Daftarkan Diri Jadi Anggota Nato
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy / Foto: ist

Ukraina akhirnya resmi mendaftarkan diri menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), dengan prosedur yang dipercepat.

Kepastian ini langsung disampaikan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky setelah dia menandatangani proposal bersama dengan Ketua Parlemen Ruslan Stefanchuk dan Perdana Menteri Denys Shmyhal. Prosesi ini berlangsung pada Jumat (30/9/2022) waktu setempat.

“Di sini, di Ukraina, nilai-nilai komunitas Euro-Atlantik kami telah memperoleh energi vital yang nyata. Kekuatan bangsa yang memperjuangkan kebebasan, dan kekuatan bangsa-bangsa yang membantu dalam perjuangan ini,” kata Zelensky dikutip dari CNN, Sabtu (1/10/2022).

Dia mengatakan secara de fakto Ukraina telah mendaftar ke NATO. Selanjutnya permohonan yang dia tempuh saat ini adalah sebagai pengajuan pengakuan secara de jure.

Baca juga
'Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina': Catatan Ala Ernest Satow dari Diplomat yang 'Tahu Diri'

Zelensky mengumumkan sikap ini tak lama setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan aneksasi (pencaplokan) empat wilayah Ukraina menjadi bagian dari Rusia di Lapangan Merah di Moskow.

Empat wilayah yang diklaim Rusia adalah Kherson, Zaporizhzhia, Luhansk dan Donetsk di Ukraina timur.

“Di bawah prosedur yang konsisten dengan signifikansi kami untuk perlindungan seluruh komunitas kami, di bawah prosedur yang dipercepat,” kata Zelensky.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan negara-negara aliansi akan mendukung hak Ukraina yang memilih jalannya sendiri setelah Zelensky membuat pengumuman pada Jumat kemarin.

Namun, Stoltenberg menegaskan keputusan soal status Ukraina masuk menjadi anggota akan menunggu persetujuan dari 30 anggota alinasi lainnya.

Baca juga
Pelatih Klub Sepak Bola Ukraina Tewas Terkena Tembakan Peluru Rusia

“Sekutu NATO, ketika mereka bertemu di KTT NATO di Madrid, menyatakan juga dengan sangat jelas bahwa kami mendukung hak Ukraina untuk memilih jalannya sendiri,” kata Stoltenberg.

“Setiap demokrasi di Eropa memiliki hak untuk mengajukan keanggotaan NATO, dan sekutu NATO menghormati hak itu dan kami telah berulang kali menyatakan bahwa pintu NATO tetap terbuka. Dan kami telah menunjukkannya selama beberapa tahun terakhir,” imbuhnya.

Tinggalkan Komentar