Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Ukraina Laporkan Kenaikan Tingkat Radiasi di Reaktor Nuklir Chernobyl

Nuklir Chernobyl

Badan nuklir Ukraina mengatakan pada Jumat (25/2/2022) bahwa mereka mencatat adanya kenaikan tingkat radiasi di lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl yang tidak lagi berfungsi.

Para pakar di badan tersebut tidak memberikan keterangan tingkat radiasi secara detil namun mengatakan angka tersebut telah berubah akibat pergerakan peralatan militer berat di area tersebut, yang kemudian mengangkat debu radioaktif ke udara.

“Radiasi mulai meningkat. Namun tidak di tahap yang kritis untuk Kiev saat ini, tetapi kami terus memonitornya,” kata Kementerian Dalam Negeri Ukraina seperti dilansir Reuters, Jumat.

Pasukan Rusia dilaporkan telah menguasai reaktor nuklir Chernobyl pada hari pertama invasi. Chernobyl sendiri terletak sekitar 100 kilometer dari Kiev, ibu kota Ukraina.

Baca juga
Dolar AS Perkasa di Puncak Tertinggi 2 Dekade

Adapun negara tetangga Ukraina, Polandia, mengatakan belum mencatat adanya peningkatan tingkat radiasi di kawasannya.

Sementara itu, para penasihat kepresidenan mengatakan bahwa Presiden Volodymyr Zelenskyy masih berada di ibu kota Kiev.

“Skenario dasar operasi khusus Rusia telah jelas. Tujuannya adalah untuk mengambil alih Kiev dan membunuh otoritas Ukraina, Presiden Zelenskyy secara personal,” kata seorang penasikat kantor presiden Ukraina, Mykhallo Podolyak.

Tinggalkan Komentar