Jumat, 02 Desember 2022
08 Jumadil Awwal 1444

Ukraina Masih Tunggu Sinyal dari PPB untuk Ekspor Biji-bijian

Sabtu, 30 Jul 2022 - 15:54 WIB
Imbas Kebijakan AS, Harga Gandum Dunia Naik 3,2 Persen
Biji Gandum/ist

Ukraina menyatakan siap memulai ekspor biji-bijian termasuk gandum ke beberapa negara, lewat pelabuhan Laut Hitam. Namun semuanya masih menunggu sinyal dari PBB dan Turki.

Kantor Presiden Ukraina menyatakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah mengunjungi Pelabuhan Chornomorsk untuk melihat persiapan pengiriman biji-bijian sesuai perjanjian yang ditengahi dan ditantatangani di Turki pekan lalu. Saat ini wilayah Chornomorsk masih diblokasi oleh pihak Rusia.

“Pihak kami sepenuhnya siap. Kami mengirim semua sinyal ke mitra kami, PBB dan Turki, dan militer kami menjamin situasi keamanan,” kata Kantor Presiden Ukraina, seperti mengutip Al Jazeera pada Jumat (29/7/2022).

Baca juga
Gejolak Demokrat, Babak Baru Adu Kuat Hamdan Zoelva Vs Yusril Ihza Mahendra

Selain itu, pejabat terkait di Ukraina juga sudah melakukan kontak dengan pihak Turki dan PBB terkait pengiriman biji-bijian ini.

“Menteri Infrastruktur kami berhubungan langsung dengan pihak Turki dan PBB. Kami menunggu sinyal dari mereka bahwa kami bisa mulai pengiriman,” tambah Kantor Presiden Ukraina.

Sementara itu, Kepala Bantuan PBB Martin Griffiths mengatakan, pihaknya berharap proses pengiriman ini terlaksana pada Jumat (29/7). Namun proses perincian perjalanan kapal yang aman masih PBB susun.

Dia melanjutkan, pejabat militer Turki, Rusia, dan Ukraina bekerja dengan tim PBB di Pusat Koordinasi Gabungan di Istanbul untuk menuntaskan prosedur operasi standar guna melaksanakan kesepakatan oleh keempat belah pihak pada pekan lalu.

Baca juga
Politik Identitas Hantu Pemilu 2024

“Itu adalah negosiasi terperinci berdasarkan kesepakatan,” kata Griffiths, Kamis (28/7), seperti dikutip Al Jazeera.

“Tetapi, tanpa prosedur operasi standar itu, kami tidak bisa mengelola jalur kapal yang aman,” katanya.

Griffiths menambahkan, sejauh ini tidak ada masalah besar yang muncul. Namun pewakilan masih menegosiasikan koordinat yang tepat dari jalur pengiriman yang aman.[ipe]

Tinggalkan Komentar