Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Ukraina Minta Indonesia Bersuara Lantang Kecam Rusia

Rabu, 02 Mar 2022 - 16:42 WIB
Ukraina Minta Indonesia Bersuara Lantang Kecam Rusia
Dubes Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin

Pemerintah Ukraina melalui Kedutaan Besarnya di Indonesia minta dukungan kepada rakyat dan Pemerintah Indonesia atas invasi militer yang Rusia lakukan ke negaranya. Ukraina bahkan minta Indonesia bersuara lantang kecam Rusia atas tindakan militernya.

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin mengatakan, saat ini negaranya membutuhkan dukungan moral dari semua bangsa. Sebab, aksi yang Rusia lakukan harus mendapat kecaman dari semua negara.

“Kami membutuhkan dukungan, dukungan moral, yang artinya, saya berharap, sangat berharap bahwa akhirnya Indonesia akan berdiri dan bersuara dengan lantang mengecam kuat agresi Rusia dan agresi (Presiden Rusia Vladimir) Putin,” kata Dubes Hamianin lewat konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (2/3/2022).

Baca juga
Akankah IHSG Bergerak Anomali di Tengah Gempuran Sentimen Negatif?

Dia mengatakan, sikap dari berbagai negara khususnya Indonesia sangat penting bagi pemerintah dan rakyat Ukraina dalam menghadapi agresi militer yang Rusia lakukan.

“Kecaman semacam ini setidaknya yang bisa dilakukan oleh setiap negara. Itu yang saya harapkan,” katanya.

Dubes Hamianin berharap Indonesia dapat memberikan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Ukraina. Karena kedepannya, Ukraina akan menghadapi bencana kemanusiaan.

Selain itu, Hamianin menyebut berdasarkan data yang dia peroleh setidaknya ada 700 ribu orang Ukraina uang telah meninggalkan rumah. Mereka mencari tempat aman ke negara dan wilayah lain.

Sementara akibat serangan sejak 24 Februari, sebanyak 352 orang, termasuk 16 anak-anak meninggal dunia. Di samping itu, sebanyak 1.684 orang, dengan 116 anak-anak di antaranya terluka.

Baca juga
Jepang Siap Tampung Pengungsi Ukraina

“Kita membayar harga masa depan sekarang. Tidak ada yang bisa membenarkan perang,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar