Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Ukraina Mulai Evakuasi Warga Sipil dari Sejumlah Kota

Evakuasi Warga Sipil
(foto: The Telegraph)

Pemerintah Ukraina mulai melakukan proses evakuasi warga sipil dari kota timur laut Sumy dan Irpin yang berdekatan dengan ibu kota Kiev pada Selasa (8/3/2022)

Evakuasi itu dimulai setelah pejabat Rusia dan Ukraina sepakat mendirikan ‘koridor kemanusiaan’ yang memungkinkan warga sipil meninggalkan kota-kota yang dikepung pasukan Rusia.

“Sejak pukul 09.30 (0730 GMT), lebih dari 150 orang telah dievakuasi dan proses (evakuasi) masih berlangsung,” kata Gubernur Kiev Oleksiy Kuleba seperti dilansir Reuters, Selasa.

Warga sipil terjebak dalam perang sejak pasukan Rusia menggempur Ukraina pada 24 Februari 2022. Moskow menyebut aksi mereka di Ukraina sebagai ‘operasi militer khusus’.

Baca juga
Penemuan Prasasti di Situs Gemekan Mojokerto, Bertuliskan Aksara Jawa Kuno

Pihak Rusia lantas membuka koridor kemanusiaan pada Selasa sehingga memungkinkan evakuasi warga dari sejumlah kota seperti Kiev, Chernihiv, Sumy, Kharkiv dan Mariupol, menurut warta kantor berita Interfax yang mengutip Kementerian Pertahanan Rusia.

Kementerian itu mengatakan bahwa pasukan Rusia di Ukraina telah memberlakukan ‘rezim senyap’ sejak pukul 0700 GMT, Interfax melaporkan.

Pada Senin (7/3/2022), pihak Ukraina menolak usulan Rusia untuk mengevakuasi warga Ukraina ke Rusia atau Belarus.

 

Tinggalkan Komentar