Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Ulang Tahun DKI Jakarta ke 495, Ini 10 Kuliner Khas Betawi yang Wajib Dicoba Saat Datang ke Jakarta

Rabu, 22 Jun 2022 - 17:57 WIB
Kuliner Khas Betawi
Dokumentasi Wikipedia

Tepat 22 Juni 2022, DKI Jakarta merayakan ulang tahunnya ke 495. Tidak sah ketika Anda berkunjung ke Jakarta tanpa menikmati kuliner khas tradisional Betawi yang melegenda.

Inilah.com, Rabu, (22/6/2022), mencoba merangkum, 10 makanan khas Betawi yang bisa Anda nikmati ketika mampir ke Jakarta.

1. Kerak Telor

Kerak telor adalah makanan yang berasal dari Jakarta. Makanan khas ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan telur dan serundeng. Selanjutnya agar matang dibakar di atas tungku api yang panas. Kerak Telor bisa menggunakan dua pilih telor yaitu ayam dan bebek. Semua itu tergantung dengan selera Anda.

2. Gado-gado Betawi

Gado Gado - inilah.com
Kuliner Khas Betawi

Gado-gado betawi menjadi salah satu makanan khas yang patut Anda coba. Ternyata, Gado-gado memiliki arti dari bahasa Betawi yaitu campur aduk. Ini adalah makanan sangat disukai banyak orang.

Berisi sayuran, kacang panjang, tauge, lontong, bisa ditambahkan dengan telur dan dibaluri bumbu kacang.

Baca juga
Memahami Bonetski dan Memaknai Ondel-ondel

3. Soto Betawi

 

Soto Betawi
Kuliner Khas Betawi

Makanan khas dari Betawi ini sangat kaya rasa. Soto yang mengandun santan berisi daging sapi beserta jeroannya. Kemudian juga bisa berisi daging ayam.

Rasa yang ditawarkan adalah gurih dan tidak hanya orang di Jakarta saja yang menyukainya. Tetapi juga orang di luar Jakarta.

4. Semur Jengkol

Semur Jengkol
Kuliner Khas Betawi

Menu Semur Jengkol menjadi salah satu andalan. Menu Semur Jengkol memang terkenal dengan bau, namun tergantung bagaimana cara mengolahnya.

Semur Jengkol ternyata banyak orang yang menyukainya. Meski baunya tidak sedap, namun sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat maupun nasi aduk.

5. Asinan Betawi

Asinan Betawi
Kuliner Khas Betawi

Asinan Betawi menjadi salah satu santapan yang bisa Anda nikmati dikala udara panas dan dingin. Asinan Betawi berisi sawi, kol, tauge, tahu putih, selada, dan juga kacang tanah goreng. Asinan Betawi tidak lengkap jika tidak dilumuri bumbu kacang, cuka, cabai, dan juga kerupuk mie yang berwarna kuning.

Baca juga
Foto: Ikan Bandeng Khas Imlek Santapan Lambang Kemakmuran

6. Dodol Betawi

Dodol Betawi
Kuliner Khas Betawi

Dodol Betawi, kini menjadi makanan yang langka. Meski begitu, Dodol Betawi tetap banyak peminatnya.

Memiliki rasa yang manis, Dodol Betawi dibuat dari kelapa dan ketan, sehingga membuat lengket dan kenyal.

7. Kue Rangi

Kue Rangi
Kuliner Khas Betawi

Kue khas tradisional Betawi lainnya yang patut Anda coba adalah Kue Rangi. Kue Rangi berasal dari campuran kelapa parut dan tepung saju itu bisa dinikmati dengan saus gula merah.

Lebih enak jika dinikmati selagi hangat.

8. Bir Pletok

Bir Pletok
Kuliner Khas Betawi

Bir Pletok adalah minuman khas Betawi yang patut Anda coba. Bir Pletok yang termasuk dalam kuliner khas Betawi ini bisa bermanfaat untuk badan dan tidak mengandung alkohol.

9. Roti Buaya

Kuliner khas Betawi ini biasa dijumpai saat acara pernikahan. Roti Buaya biasanya terlihat saat prosesi lamaran dan pernikahan pasangan pengantin yang menggunakan adat Betawi.

Baca juga
Inilah 30 Tokoh Betawi yang Resmi Jadi Nama Jalan, Kampung, dan Gedung

Menurut filosofinya, Roti Buaya memiliki makna yang dalam, yaitu tentang kesetiaan para pasangan yang sudah menikah.

10. Selendang Mayang

Selendang Mayang sangat nikmat jika disajikan menggunakan es. Selendang Mayang adalah kuliner yang dibuat seperti agar-agar yang memiliki warna-warna yang menarik perhatian.

Minuman Selendang Mayang terbuat dari adonan kue, dipadukan dengan santan, dan juga gula jawa. Rasanya manis karena ditambahkan pula dengan sirup.

Tinggalkan Komentar