Rabu, 29 Maret 2023
07 Ramadhan 1444

Umar Hasibuan Sentil KSAD Soal Dana Hibah DKI, PKB Klarifikasi

Sabtu, 24 Des 2022 - 20:18 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Jubir 1 - inilah.com
Juru Bicara Muda PKB Dira Martamin (ketiga dari kanan) saat jumpa pers peluncuran juru bicara muda PKB di Jakarta, Sabtu (12/11/2022). (Foto: Antara Foto/Aprillio Akbar)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) angkat bicara mengenai pernyataan Umar Hasibuan yang menyentil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman terkait dana hibah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Menurut Juru Bicara Milenial PKB Dira Martamin, pernyataan Umar yang menyentil Jenderal Dudung tidak mewakili sikap partai tersebut.

“Pernyataan tersebut bersifat pribadi, tidak mewakili PKB sebagai partai,” kata Dira dalam keterangannya, Sabtu (24/12/2022).

Dira menjelaskan, pernyataan Umar Hasibuan melalui akun Twitter pribadinya ramai dikutip kanal berita. Namun, ia menegaskan, hal itu tidak mewakili sikap PKB.

Terlebih, kata Dira melanjutkan, pernyataan Umar hanya cuitan di Twitter yang dibesar-besarkan oleh media seolah menjadi sikap partai.

Menurut Dira, PKB tidak ada urusan dengan besaran dana hibah yang diberikan Pemprov DKI untuk Kodam Jaya.

TNI merupakan kekuatan pertahanan negara yang harus terus didukung untuk memperkuat diri dengan persenjataan canggih dan keterampilan unggul. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, ujar Dira menambahkan, berpesan untuk terus mendukung TNI dalam membangun kerja sama strategis di semua sektor.

Baca juga
Isu Reshuffle Kabinet Jokowi, Cak Imin Dukung Kadernya Jadi Wamen

Diketahui, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyayangkan Kodam Jaya hanya mendapatkan hibah sebesar Rp16 miliar dari Pemprov DKI Jakarta saat dipimpin Anies Baswedan. Jumlah itu dinilainya sangat kecil ketimbang dana hibah Pemprov DKI ke satuan TNI  lainnya. Dudung mengungkapkan hal itu ketika meresmikan Museum Jayakarta di Kodam Jayakarta, Rabu (21/12/2022).

Pernyataan Dudung tersebut lantas dikomentari Umar Hasibuan melalui akun Twitter pribadinya @UmarHasibuan77, dengan menautkan berita terkait.

“Mustinya anda terimakasih diberi hibah oleh Anies. Hibah dari Pemprov juga bukan buat Anda tetapi institusi TNI,” kata Umar Hasibuan melalui akun twitter @UmarHasibuan77.

Sosok Umar Hasibuan

Umar Hasibuan sendiri selama ini dikenal publik sebagai tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Pria bernama lengkap Umar Syadat Hasibuan ini mengumumkan dirinya masuk PKB pada September 2022.

Baca juga
Di Tengah Polemik Effendi Simbolon, Komisi I Undang Andika dan Dudung Rapat pada 26 September

Dia kerap mengomentari dan mengkritisi antara lain pernyataan-pernyataan kontroversial dan tingkah laku pejabat pemerintah, tokoh publik hingga artis yang dinilai keliru. Hal ini bisa terlihat dari unggahan Umar Hasibuan di akun Twitter miliknya @UmarHasibuan77.

Salah satunya, Umar mengkritisi pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan yang menyarankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak perlu sering menggelar operasi tangkap tangan. Contoh lainnya, dia juga menyoroti KPK yang dipandang aneh lantaran ngotot mengusut kasus dugaan korupsi ajang balap Formula E.

Umar juga menginformasikan tentang dugaan kasus tertentu yang menjerat pejabat publik. Informasi ini ia tampilkan melalui unggahan link berita di akun Twitter pribadinya. Sebagai contoh, dugaan kasus pelecehan seks yang dilakukan Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Baca juga
Capres-Cawapres KIR Dibahas Khusus oleh Prabowo dan Cak Imin

Umar juga sering melontarkan pernyataan memihak Anies Baswedan. Ia juga menulis buku dan seorang penggemar sepakbola. Tak jarang, lelaki yang akrab disapa Gus Umar ini menggunggah berita aktivitas pemain sepakbola dunia. Secara khusus, Umar mengidolakan klub asal Inggris, Chelsea

Tinggalkan Komentar