Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

UMKM Dilatih Cakap Digital Agar Berdaya Saing Global

Rabu, 03 Agu 2022 - 18:00 WIB
Umkm - inilah.com
Pelatihan digital marketing untuk UMKM di Kabupaten Tangerang - (Foto: ist)

Pertumbuhan penggunaan digital pada masyarakat Indonesia semakin meningkat, masyarakat semakin dekat dengan digitalisasi. Hal tersebut juga berimplikasi terhadap ekonomi digital, masyarakat sudah bertransaksi secara digital, karena akses marketplace yang mudah bagi masyarakat. Pemerintah juga menargetkan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk cakap digital khususnya dalam memasarkan produknya.

Tahun 2023, Pemerintah menargetkan 24,5 Juta UMKM berpindah ke ekosistem digital. Sementara pada tahun 2021 baru mencapai 13,7 juta. Program Studi Magister Manajemen Teknologi (MMT) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan program UMKM Cakap Digital di Kabupaten Tangerang pada Juli hingga Agustus ini.

Direktur LPPM UMN l, Winarno mengatakan, program tersebut akan menyasar UMKM di sekitar Kabupaten Tangerang agar UMKM mampu memiliki growth mindset, paham terhadap konten dan digital marketing, mampu mengelola media sosial bisnisnya, dan mengembangkan bisnis dan usaha dari masing-masing UMKM.

Baca juga
Berkah Transformasi Digital, Laba Bank Mandiri 2021 Tembus Rp28 Triliun

“Program ini akan dilakukan secara blended learning, dimana akan ada kelas secara langsung selama satu hari, dan peserta UMKM akan diberikan proyek dan pendampingan oleh mentor mahasiswa MMT Batch 5. Kampus punya tanggung jawab untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa diwajibkan untuk peka dan berpartisipasi terhadap perkembangan masyarakat, secara kontekstual sesuai dengan ilmu yang mereka dapatkan,” kata Winarno melalui keterangan tertulis, Rabu (3/8/2022).

Ketua Program Studi Magister Manajemen Teknologi (MMT) Prio Utomo menyampaikan, program pendampingan UMKM untuk masuk ekosistem digital (go digital) sesuai dengan materi pembelajaran di program MMT. Mahasiwa dapat membagikan dan menerapkan implementasi teknologi yang langsung bermanfaat bagi UMKM.

Baca juga
Inilah Alasan Pandangan Analis Cukup Positif untuk Saham BBRI

Prio menambahkan, peserta akan diberikan tugas yang akan dijadikan proyek dengan pendampingan oleh para mentor mahasiswa MMT Batch 5. Materi yang disiapkan untuk para peserta UMKM adalah mengenai digital marketing meliputi promosi sebuah konten, menganalisa sosial media, membuat iklan di sosial media, dan juga konsep-konsep dasar dalam merubah mindset dalam berbisnis.

“Kami akan membantu UMKM untuk menjangkau pasar global, berinteraksi dengan target customer. Pembinaan batch 1 ini akan diikuti oleh 35 UMKM di wilayah Tangerang. Mudah-mudahan program ini dapat diteruskan oleh mahasiswa angkatan berikutnya, sehingga signifikan untuk mendorong perkembangan UMKM,” kata Koodinator Program Rumpoko.

Tinggalkan Komentar