Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

UMKM Harap Izin Sertifikasi Halal Kosmetik Tidak Dipersulit

Senin, 18 Okt 2021 - 16:50 WIB
UMKM Harap Izin Sertifikasi Halal Kosmetik Tidak Dipersulit - inilah.com
istimewa

Adanya Kewajiban bersertifikasi halal yang mulai diberlakukan diharapkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM agar dalam mengakses kewajiban dibuat mudah untuk mendapatkan izin tersebut.

Telah diterbitkan kewajiban sertifikasi halal dinilai sangat baik menurut dokter Gaby Syerly yang memiliki klinik kecantikan Youth & Beuty Clinic. Dia menjelaskan, karena mayoritas penduduk Indonesia adalah musim, jadi hal ini sangat perlu.

“Sebenarnya bagus-bagus saja, di Indonesia mayoritas muslim kan, jadi kalau ada sertifikasi halal lebih baik. Kalau gratis memang harus melakukan sertifikasi,” kata Gaby kepada INILAHCOM, Jakarta, Senin, (18/10/2021).

Meski di lapangan, para UMKM kerap menghadapi kesulitan karena biaya yang dibutuhkan untuk mengurus produk kosmetik sangat mahal. Dengan adanya prograf gratis ini, diharapkan terlaksana dengan baik.

Baca juga
Kemenag-PBNU Tetapkan 1 Ramadan 1443 H Jatuh pada Minggu 3 April 2022

“Masih dalam proses (sertifikasi halal), sudah BPOM juga produk kami. Kalau gratis bagus,” tambahnya.

Seperti diketahui,
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan obat-obatan,
kosmetik, dan barang-barang gunaan, wajib mengantongi sertifikat halal
mulai, Minggu (17/10/2021). Hal ini sesuai amanat Peraturan Pemerintah
(PP) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk
Halal.

Untuk mendukung sertifikasi halal tersebut, dilakukan sejumlah upaya dan terobosan salah satunya adalah dengan program sertifikasi halal gratis (Sehati) bagi para UMKM.

Program Sehati adalah wujud dukungan dan perhatian pemerintah kepada pelaku UMKM. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk fasilitasi pembiayaan sertifikasi halal, baik itu bersumber dari pemerintah pusat, kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, ataupun sektor swasta yang memiliki komitmen bersama untuk mendukung ketersediaan produk halal bagi pasar dalam negeri maupun pasar global.

Tinggalkan Komentar

×