Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Umrah 2022 Tidak jadi Dihentikan

Umrah 2022 - inilah.com
Umrah 2022 - ist

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menganulir pengumuman Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief.

Dirjen PHU sebelumnya menyebut pemberangkatan umrah dihentikan sementara.

Hari ini, Yaqut menegaskan pemberangkatan jemaah umrah asal Indonesia tidak dihentikan.

“Tidak ada pemberhentian umrah. Saya juga sudah meminta kepada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah agar keberangkatan jemaah tetap menerapkan one gate policy,” kata Yaqut saat Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Senayan-Jakarta, Senin (17/1/2022).

“Jadi kalau sudah mendapat visa, dia berhak ke luar negeri. Tapi pemerintah berhak melakukan pengaturan. Penerapan one gate policy adalah bagian dari pengaturan yang diberlakukan pemerintah,” tambahnya.

Baca juga
Kreator Manga Ninja Hattori Fujiko A. Fujio Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

Politikus PKB itu mengakui awalnya ada usulan untuk mencabut pengaturan one gate policy. Namun, setelah proses evaluasi, dan adanya kasus tim advance penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang terkena Omicron, diputuskan kebijakan satu pintu tetap diberlakukan.

“Kita masih pakai one gate policy aja masih ada yang kena, apalagi kalau dicabut, akan sangat riskan,” tandas adik Ketua Umum PBNU Gus Yahya itu.

Sebagai informasi, jemaah umrah Indonesia diberangkatkan kali pertama pada pada 8 Januari 2022. Sampai dengan keberangkatan pada 15 Januari 2022, total ada 1.731 jemaah umrah yang sudah berangkat ke Arab Saudi.

Tinggalkan Komentar