Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Undang Putin ke G20, Biden Minta Indonesia Turut Hadirkan Ukraina

Jokowi Biden G20 rusia ukraina - inilah.com
Presiden Jokowi dalam sebuah pertemuan bilateral dengan Presiden AS Joe Biden di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia 2021 - dok Setpres

Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersikeras ingin Rusia dikeluarkan dari Group of 20 (G20). Hal itu disampaikan Biden dalam sebuah konfrensi pers di Eropa, Kamis (24/3/2022).

“Jawaban saya adalah iya,” kata Biden menjawab pertanyaan wartawan.

Namun apabila Indonesia dan anggota lainnya tidak setuju, maka ia meminta agar Ukraina dihadirkan dalam forum tersebut. Ukraina sendiri bukan anggota G20.

“Jika (Rusia) tidak bisa dikeluarkan, jika Indonesia dan negara lain tak setuju, maka kita harus, dalam pandangan saya, mengajak Ukraina ke pertemuan itu juga, pada dasarnya membuat Ukraina dapat menghadiri pertemuan G20,” ujarnya.

Baca juga
KPK Warning Pejabat Tidak Terima Gratifikasi Idul Fitri

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri telah menyampaikan akan mengundang seluruh pemimpin, Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan dalam G20 di Bali, Oktober mendatang, termasuk mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Indonesia menjalankan tugasnya sebagai Presidensi G20 berdasarkan aturan dan prosedur seperti presidensi sebelumnya,” kata Staf Khusus Menteri Luar Negeri untuk Penguatan Program-Program Prioritas, Dian Triansyah Djani, Kamis (24/3/2022).

Kedatangan Putin juga dikonfrimasi oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva. Vorobieva menyebut Putin akan menghadiri KTT G20 di Bali.

Tinggalkan Komentar