Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Usai Borong Saham, Grup Astra akan Jalin Kerja Sama dengan Hermina

Senin, 20 Jun 2022 - 15:30 WIB
Usai Borong Saham, Grup Astra akan Jalin Kerja Sama dengan Hermina
Gedung Astra Internasional/Foto:ist

Grup Astra lewat PT Astra International Tbk (ASII) mengakui telah membeli saham emiten rumah sakit, PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL). Pembelian saham HEAL ini merupakan sebuah ekspansi bisnis dari grup Astra.

Head of Investor Relations Astra International Tira Ardianti mengakui adanya pembelian saham HEAL oleh pihak Astra. Langkah ini sebagai strategi bisnis perusahaan dalam membangun kemitraan di masa mendatang.

“Secara berkala kami akan memantau perkembangan bisnis dan investasi Astra sebagai dasar pengambilan keputusan ke depannya,” ujar dia, Senin (20/6/2022).

Meski begitu, Tira belum bisa menjelaskan secara detail soal rencana perusahaan tersebut, termasuk soal peluang menjadi pemegang saham mayoritas di HEAL. “Terlalu dini untuk mengatakan Astra akan menjadi pemegang saham pengendali,” imbuh Tira.

Baca juga
IHSG Merangsek Naik Menuju 7.200, Enam Saham ini Wajib Masuk Portofolio

Tira menjelaskan, saat ini Astra sedang fokus dalam mengembangkan bisnisnya dan menjajaki potensi kolaborasi khususnya dengan HEAL.

Menurutnya, investasi di emiten rumah sakit tersebut hanyalah sebagian kecil dari langkah ekspansi bisnis Astra. Sektor rumah sakit atau utamanya kesehatan adalah salah satu sektor yang jadi sasaran Astra. Di samping itu, masih ada sejumlah sektor industri lain yang juga sedang Astra pelajari.

Sebelumnya, PT Astra International Tbk (ASII) kembali membeli saham PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL). Dalam aksi korporasi ini, Grup Astra membeli 0,51 persen saham HEAL di rentang harga Rp1.362 hingga Rp1.375 per saham.

Baca juga
Grup Astra Perbanyak Kepemilikan Saham di Arkora Hydro

ASII membeli saham HEAL sejak 7 Juni hingga 15 Juni 2022. Secara total ASII sudah menghimpun saham HEAL sebanyak 74,98 juta saham dengan nilai transaksi Rp102,70 miliar.

Dengan transaksi ini, ASII sudah mengakumulasi sebanyak 809,54 juta saham atau setara 5,43 persen saham HEAL. Adapun tujuan Astra mengakumulasi saham HEAL dalam rangka investasi.

“Status pemegang saham, bukan pengendali,” tulis Direktur PT Medikaloka Hermina Tbk, Yulisar Khiat, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat (17/6/2022).

Tinggalkan Komentar