Minggu, 07 Agustus 2022
09 Muharram 1444

Usai Direvitalisasi, Anies Resmikan Gereja Immanuel sebagai Cagar Budaya

Selasa, 21 Des 2021 - 00:21 WIB
Penulis : Anton Hartono
Anies Baswedan - inilah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (foto istimewa)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gedung Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel sebagai bangunan cagar budaya setelah selesai direvitalisasi.

Gereja tersebut menjadi momen bersejarah sejak dibangun pertama kali pada abad ke-19 atau pada 24 Agustus 1839 yang diresmikan dengan nama Willemskerk. Setelah proklamasi kemerdekaan, namanya diubah menjadi Gereja Immanuel pada tahun 1948

“Kini, setelah direvitalisasi, kita semua berbahagia karena bisa digunakan untuk menyambut Natal tahun ini,” ujar Anies.

Menurutnya Gedung GPIB bisa menjadi contoh simpul persatuan Indonesia karena siapapun dapat merasakan kesetaraan dan kebersamaan. Status Cagar Budaya Gereja Immanuel ini juga sebagai pengingat bahwa tempat tersebut adalah milik seluruh masyarakat Jakarta.

Adapun GPIB Immanuel ini memiliki halaman cukup luas, bergaya arsitektur Imperial yang merupakan bagian dari Neo Klasik dan mendapat pengaruh Barok dan Rokoko pada interiornya.

Baca juga
Ini Tanda Penurunan Muka Tanah di Jakarta Makin Berkurang

Sementara itu, bangunan gereja berdenah lingkaran simetris dengan 4 pintu masuk ini, memiliki atap kubah berpenutup sirap dengan cupola di puncaknya. Selain itu, gereja ini juga disertai lift untuk memudahkan jemaat berkebutuhan khusus dalam mengikuti peribadatan.

Tinggalkan Komentar