Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Usai Nonton Langsung Laga Kekalahan Timnas, Ketum PSSI Keluhkan Kinerja Wasit

Jumat, 20 Mei 2022 - 14:11 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Ketum PSSI Mochamad Iriawan ( Foto PSSI) - inilah.com
Ketum PSSI Mochamad Iriawan ( Foto PSSI)
Ketum PSSI Mochamad Iriawan turut menyoroti hujan kartu merah dalam laga Timnas Indonesia U-23 versus Thailand di babak semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022) kemarin.
Jadi tim paling apes dengan tiga pemain diusir keluar lapangan, Iriawan menyebut, bakal memberi evaluasi dan menunggu arahan Shin Tae-yong terkait problem wasit.
“Anak-anak mungkin terpancing, Saya pikir nanti kita evaluasi, kita tunggu Shin Tae-yong laporan pada federasi masalah wasit tersebut,” kata Ketum PSSI Iriawan alias Iwan Bule dalam keterangan pasca laga ditulis, Jumat (20/5/2022).
Pasca kericuhan di tengah lapangan, Iwan Bule yang turut hadir di stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam langsung bergegas menuju ruang ganti Egy Maulana cs.
Ditemani Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Iwan Bule memberi sedikit suntikan semangat dan berharap anak asuh coach Shin segera melupakan kekalahan melawan Thailand.
“Kita tadi dengan Pak Menpora ke ruang ganti, Pak Menpora kasih semangat, tidak boleh turut bersedih , bangkit untuk kembali berhadapan di laga perebutan tempat ketiga,” jelas Iwan Bule
Ada pun sebelumnya, Tim Nasional U-23 Indonesia gagal melangkah ke final cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021 setelah kalah 0-1 dari Thailand.
Satu-satunya gol pada pertandingan tersebut dilesatkan oleh pemain senior Thailand Weerathep Pomphan pada babak tambahan pertama tepatnya menit ke-95.
Laga berlangsung alot, kedua tim mampu tampil dalam performa terbaiknya hingga jual beli serangan pun tak terhindarkan.
Usai Thailand memecah kebuntuan, laga yang tadinya berlangsung sengit dan berimbang mulai menunjukkan tensi memanas. Muaranya, wasit yang memimpin laga bernama Yahya Mohammed Ali Hassan Al Mulla mengusir empat pemain sekaligus keluar lapangan.
Wasit asal Uni Arab Emirate (UAE) itu mengganjar tiga kartu merah untuk Timnas Indonesia U-23. Sementara, satu lainnya  kepada penggawa Thailand.
Tiga pilar Garuda yang dipaksa mandi lebih cepat yakni Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya. Sementara dari kubu Thailand, satu-satunya pemain yang diganjar kartu merah adalah William Gabriel.
Kejadian itu bermula saat Firza Andika melakukan profesional fouls yang membuat wasit tidak berpikir panjang dengan mengusirnya keluar lapangan.
Keputusan wasit mengusir tiga pemain Garuda masih banyak diperdebatkan banyak pihak. Terlebih duo Persib Bandung, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya yang harus menerima kartu kuning kedua lantaran diduga pemicu keributan.
Alhasil unggul jumlah pemain ditambah waktu yang terbilang tipis, dewi fortuna berpihak kepada kubu Thailand. Kemanangan 1-0 sudah cukup bagi armada Alexandre Polking amankan tiket ke final dan menjaga asa kalungkan medali emas SEA Games 2021.

Tinggalkan Komentar