Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

Usai Panen Kritik Pebalap MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Diaspal Ulang

Usai Panen Kritik Pebalap MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Diaspal Ulang
Usai Panen Kritik Pebalap MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Diaspal Ulang

Usai panen kritik pebalap MotoGP saat tes pramusim, FIM dan Dorna Sports sepakat bahwa Sirkuit Mandalika bakal diaspal ulang.

FIM dan Dorna Sports selaku otoritas penyelenggara MotoGP, telah menampung masukan pebalap. Selanjutnya, mereka menyampaikannya kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), selaku induk dari MGPA atau pengelola MotoGP Mandalika.

“Masukan dari pebalap dan tim mengenai tata letak lintasan dan standar keselamatannya, termasuk area limpasan yang luas, baik aspal maupun kerikil, sangat positif,” tulis FIM dan Dorna Sprots dalam rilisnya.

Selama pengujian, dua area perbaikan terindentifikasi, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang mempengaruhi bagian sirkuit.

Baca juga
City vs Atletico, Pep Siapkan Strategi 'Aneh' Hadapi Simeone

“FIM, yang mengawasi homologasi trek, telah berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengenai perbaikan yang ini. Komitmen akan selesai minimal tujuh hari sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia,” terangnya.

Dalam rilis tersebut, FIM dan Dorna menyebut area Turn 17 sampai Turn 5 Sirkuit Mandalika perlu perbaikan segera. Perbaikannya dari segi mengaspal ulang area tersebut. ITDC sendiri bersedia memperbaikinya.

“Sirkuit akan dilapis ulang dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5. Tempat tersebut juga akan mempersiapkan Grand Prix dengan menggunakan teknologi terkemuka dunia untuk memastikan keseluruhan permukaan memenuhi standar MotoGP,” terangnya.

Baca juga
Di Beranda Istana Alhambra (15 – Sosialisasi Gagasan ke Mahasiswa di Barcelona)

Sebelumnya, tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika berlangsungpada 11-13 Februari. Sesi uji coba di Sirkuit Mandalika perlu agar tim, khususnya para pebalap, mendapat data dan pengalaman sebelum mereka berlomba di putaran MotoGP Indonesia bulan depan.

Tes pramusim itu juga memberi kesempatan kepada FIM dan Dorna Sports, terutama ITDC serta MGPA sebagai operator lokal, untuk memastikan Sirkuit Mandalika sesuai dengan standar MotoGP. Benar saja, cukup banyak keluhan dari para pebalap mengenai kondisi lintasan.

Bahkan saat hari pertama, tes pramusim sempat berhenti karena permukaan lintasan yang kotor. Red Flag berkibar guna memberikan waktu untuk membersihkan trek.

Baca juga
All England 2022: Kalahkan Minions, Bagas/Fikri Melaju ke Final

Akan tetapi, sirkuit tak sepenuhnya bersih. Saat itu, para pembalap juga sempat melakukan pertemuan dengan Komisi Keselamatan.

Namun, kotornya lintasan bukan kendala yang paling mengkhawatirkan. Hal yang bikin para rider cemas justru fakta aspalnya mudah terkelupas hingga menciptakan kerikil.

Tak sedikit rider yang terkena lemparan batu di motor, helm, dan tubuh mereka. Banyak pebalap juga mengeluhkan buruknya aspal Sektor 1 dan Sektor 4.

MotoGP Mandalika akan menjadi seri kedua dalam kalender balap MotoGP 2022. Balapan di Indonesia itu akan digeber pada 20 Maret 2022.

 

Tinggalkan Komentar