Senin, 28 November 2022
04 Jumadil Awwal 1444

Usai Prabowo-Puan Bertemu, Gerindra Kembali Mesra dengan PKB

Senin, 05 Sep 2022 - 22:50 WIB
Penulis : Aria Triyudha
deklarasi capres prabowo - inilah.com
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: dok DPR).

Partai Gerindra kembali mesra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hal itu mencuat dari langkah kedua partai yang sudah resmi berkoalisi untuk meresmikan Sekretariat Bersama.

“Sekretariat Bersama Gerindra-PKB akan diresmikan. Lokasinya di daerah Jakarta Selatan,” kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/9/2022).

Pernyataan Dasco ini dikemukakan sehari setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Dasco menjelaskan, pembentukan Sekber dengan PKB itu merupakan tindak lanjut kesepakatan kerja sama secara tertulis. Selain itu, wujud implementasi kerja sama di lapangan.

Dia memastikan, Sekber tak hanya dibentuk di tingkat pusat. Sekber bakal dibangun hingga level daerah. Sehingga, Dasco mengharapkan, pengurus Partai Gerindra dan PKB di level provinsi dan kabupaten/kota dapat menindaklanjuti.

Baca juga
Dasco Bantah Koalisi Gerindra-PKB Tidak Serius

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid sebelumnya mengatakan, Sekber tersebut guna meningkatkan komunikasi kedua partai. Pembentukan Sekber terus dibahas dan mencari waktu yang tepat untuk diresmikan.

Diketahui, koalisi Partai Gerindra dan PKB resmi dideklarasikan pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Deklarasi koalisi dilakukan langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Saat itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, PKB dan Gerindra akan merumuskan strategi dan taktik untuk menarik simpati publik demi memenangkan kontestasi di Pilpres 2024.

“Gerindra-PKB merumuskan koalisi mari wujudkan dalam langkah dan kegiatan, upaya yang tak pernah berhenti. Bismillahirrahmanirrahim Insya Allah keberkahan dalam mengiringi langkah koalisi. Selamat berjuang dan semoga langkah kita disertai dengan doa. Semua orang berhasil karena menjadi pejuang yang loyal demi kebanggaan bangsa Indonesia,” ujar Muhaimin.

Baca juga
Kembali Nyapres, Prabowo Ikuti Nasihat Senior

Namun, setelah deklarasi tersebut, tampak tak ada langkah signifikan dari Partai Gerindra dan PKB menyangkut tindak lanjut koalisi yang dibangun.

Pertemuan Prabowo-Puan

Hingga pada akhirnya Minggu (4/9/2022), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kedatangan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan sejumlah elite PDIP lainnya. Pertemuan berlangsung di kediaman Prabowo di Hambalang, Jawa Barat.

Usai pertemuan, Prabowo Subianto menyatakan, partainya bersama dengan PDIP sepakat senantiasa membangun komunikasi politik yang terbuka. Tujuannya, demi kepentingan bangsa Indonesia.

“Saya kira konklusi yang paling jelas adalah kami bertekad untuk melanjutkan komunikasi politik secara terus-menerus dengan terbuka. Dengan apa adanya,” kata Prabowo.

Baca juga
Sebelum ke Korsel, Mega Sempat Bertemu Jokowi

Menurut dia, kesepakatan antara PDIP dan Gerindra membangun komunikasi secara terbuka ini juga merupakan langkah awal dari kedua belah pihak menghadapi musim politik yang akan datang.

Prabowo mengatakan, kesepakatan Gerindra untuk terus berkomunikasi dengan PDIP juga melanjutkan persahabatan dan hubungan kekeluargaan kedua belah pihak.

“Kami punya banyak pandangan yang sama secara ideologis. Kami partai kebangsaan. Sepakat dengan Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, persatuan nasional, dan kerakyatan,” tegas Prabowo.

 

Tinggalkan Komentar