Vaksin COVID-19 usia 6-11 Tahun Dimulai, Ini Cerita Kegembiraan Orangtua Usai Anak Disuntik

vaksin COVID-19 usia 6-11
Dokumentasi inilah.com/Didik Setiawan

Vaksin COVID-19 usia 6-11 tahun mulai diberikan pada Selasa, (14/12/2021). Vaksin COVID-19 usia 6-11 tahun ini mulai diberikan di wilayah Jawa-Bali. Pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama vaksinasi dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60 persen.

Sampai saat ini sebanyak 8,8 juta jiwa dari 106 kabupaten/kota dari 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria tersebut, yakni Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Baca juga  WILONA Wedding Fest Solusi Menikah di Tengah Pandemi
vaksin COVID-19 usia 6-11
Dokumentasi INILAH.COM/Didik Setiawan

Orangtua gembira bisa dapat vaksin anak usia 6-11 tahun

Sebagai orangtua yang memiliki anak di bawah 11 tahun, Aisyah mengaku was-was kondisi pandemi belum berakhir. Karena itu, adanya vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun yang diberikan pemerintah sangat baik dan penting sebagai upaya pencegahan dan membentuk antibody melawan virus corona. Ketika mengetahui anaknya mendapatkan kesempatan vaksin dosis pertama, dia langsung bersemangat.

“Jadi lebih aman, mau kemana saja jadi lebih safety gitu,” kata Aisyah (32), warga Serpong, Tanggerang Selatan, Banten kepada INILAH.COM, Selasa, (14/12/2021).

Dia menjelaskan vaksinasi COVID-19 untuk usia 6-11 tahun tersebut sudah ditunggu sejak lama. Hal ini karena dari seluruh anggota keluarga, hanya anaknya yang bernama Raya, berusia 10 tahun yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Baca juga  Apakah Virus Corona Bisa Menular Lewat Makanan?

“Senang banget, surpirse pas tahu ada vaksin 6-11 tahun. Karena selama ini ditunggu-tunggu kan kakak-kakaknya sudah terus pas SD ada pengumuman senang banget. Ini 10 tahun kelas 4 namanya Raya,” paparnya dengan gembira.

Menggunakan vaksin Sinovac

Jenis yang digunakan untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah vaksin Sinovac atau vaksin jenis lainnya yang sudah ada Emergency Use Of Authorization (EUA) dari BPOM. Untuk vaksin Sinovac, interval pemberian dosis 1 dan dosis 2 adalah 28 hari serta harus didahului dengan proses skrining kesehatan sesuai dengan format standar yang telah berlaku.

Kemenkes merinci untuk menyelesaikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dibutuhkan kurang lebih sekitar 58,7 juta dosis vaksin. Saat ini, Kemenkes telah menyiapkan 6,4 juta dosis vaksin untuk Bulan Desember 2021 dan akan ditambah pada Januari 2022 mendatang.

Tinggalkan Komentar