Vaksin Nusantara Tunggu Pengakuan dari Pemerintah

Vaksin Nusantara Tunggu Pengakuan dari Pemerintah - inilah.com
Sumber: Freepik.com

Hingga saat ini vaksin Nusantara masih belum bisa disebarkan ke masyarakat umum lantaran masih belum ada keputusan resmi dari pemerintah, apakah bisa disebarluaskan atau tidak.

Hal ini diutarakan oleh Ketua Tim Riset Korona dan Formula Vaksin, Chairul Anwar Nidom yang disebar melalui siaran Youtube. “Paling tidak, ada angin segar dari Kemenkes, tapi itu masih membutuhkan petunjuk teknis yang lebih detil lagi,” katanya.

Dirinya juga mempertanyakan, jika Vaksin Nusantara bisa digunakan untuk masyarakat umum, apakah diperuntukkan warga Jakarta atau seluruh Indonesia. Karena yang sudah mengajukan untuk mendapatkan vaksin itu mulai dari Aceh sampai Papua.

Baca juga  Sudah 83,4 Juta Warga Indonesia Terima Vaksinasi COVID-19 Dosis Lengkap

Menurutnya proses uji klinis vaksin Nusantara dilakukan beberapa tahap, mulai dari fase pertama, kedua, dan ketiga. Namun untuk penyebarannya, tergantung dari keputusan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Sebetulnya kalau digunakan saat ini sudah bisa digunakan tetapi kami membutuhkan istilahnya ada pengakuan dari pemerintah terhadap produk ini,” jelasnya.

Ia pun meyakini vaksin Nusantara merupakan vaksin yang sudah digunakan sejumlah tokoh dan pejabat negara, seperti beberapa anggota DPR dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Selain untuk mencegah terhindari dari virus, artinya vakin tersebut tidak berbahaya bagi tubuh yang disuntikkan.

Tinggalkan Komentar