Minggu, 02 Oktober 2022
06 Rabi'ul Awwal 1444

Values20 Bawa Misi Agar Dunia Terapkan Nilai-nilai Luhur

Selasa, 09 Agu 2022 - 23:31 WIB
Values20 Bawa Misi Agar Dunia Terapkan Nilai-nilai Luhur
Alissa Wahid/Foto: ist

Values20 atau V20 akan mendorong pengelolaan nilai-nilai luhur dalam pengelolaan dunia. Tema ini V20 angkat sebagai upaya untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia 2022. Selain itu V20 juga menggelar side event yang mengangkat tema “Sustainability Compass: Peran Nilai-nilai dalam Menghadapi Tantangan Global”.

Co-Sherpa V20 2022, Alissa Wahid mengatakan, wadah ini merupakan sebuah komunitas global yang mengangkat perhatian terhadap nilai-nilai luhur di masyarakat. “V20 diundang untuk menyelenggarakan event. Kami sendiri adalah inisiatif mengikuti G20,” ujar Alissa dalam konferensi pers virtual, Selasa (9/8/2022).

Dia mengatakan, V20 bersama ahli mencermati bahwa banyak hal yang jadi tantangan dunia sekarang, karena tidak melakukan kerja-kerja dengan landasan nilai-nilai luhur.

“Inilah yang diupayakan, di Saudi Arabia pertama dilakukan (pada 2020), memulai bangun kesadaran bahwa nilai itu penting. Di Italia (pada 2021), niatnya bagaimana nilai itu dibawa ke tengah, dan sekarang di Indonesia bawa semangat agar nilai luhur bisa diaplikasikan dalam aksi nyata, mirip dengan membumikan Pancasila,” katanya.

Baca juga
Putri Gus Dur Sambangi Warga Wadas, Wong Cilik Sering Jadi Korban Penguasa

Alissa menjelaskan, value yang dimaksud ini adalah nilai-nilai hidup bersama sebagai penghuni sebuah planet dengan masyarakat di dalamnya. “Menghidupinya kamu pakai Compass Sustainability untuk mengelola kerangka kerjanya, menggunakan kompas arah mata angin, yani utara, timur, barat dan selatan. Utara kita bahasakan nature atau alam, barat itu well being atau kesejahteraan, selatan itu society atau membangun nilai masyarakat, dan timur itu ekonomi,” pungkas Alissa. [ipe]

Tinggalkan Komentar