Rabu, 10 Agustus 2022
12 Muharram 1444

Varian Omicron Masuk Indonesia Jadi Trending Topik

Kamis, 16 Des 2021 - 13:26 WIB
Penulis : Willi Nafie
Varian Omicron Masuk Indonesia Trending Topik

Varian Omicron masuk Indonesia jadi trending topik di media sosial. Netizen ramai membicarakan usai Pemerintah mengumumkan adanya kasus pertama virus COVID-19 varian baru itu masuk ke Indonesia.

Pantauan Inilah.com 636 ribu cuitan membahas tentang Omicron masuk ke Indonesia, pada Kamis (16/12/2021) sekira pukul 12:53 WIB. Varian Omicron masuk Indonesia jadi trending topik di Twitter bertanda publik serius mengamati perkembangan omicron.

Kasus Omicron di Indonesia

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan temuan kasus varian COVID-19 Omicron di Indonesia. Pasien yang terkonfirmasi pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet.

“Satu dari tiga itu positif Omicron. Yang duanya tidak. Ketiga orang ini tanpa gejala, masih sehat, tidak ada demam, tidak ada batuk-batuk,” kata Menkes saat temu media virtual, Jakarta, Kamis, (16/12/2021).

Baca juga
Daftar Lengkap Wakil Merah Putih di All England 2022

Kasus Omicron pertama di Indonesia ditemukan pada 15 Desember 2021. Kasus varian baru COVID-19 tersebut terkonfirmasi pada pasien dengan inisial N.

“Kementerian Kesehatan telah mendeteksi seorang pasien N inisialnya terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember 2021,” paparnya.

Jangan Panik dengan Omicron Masuk ke Indonesia

Ketiga pasien tersebut sedang menjalani karantina di rumah sakit Wisma Atlet. Menkes menekankan agar masyarakat Indonesia tidak perlu panik atas temuan dari varian Omicron di Indonesia. Hal yang terpenting adalah bagaimana menjalankan hidup dengan normal dan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Varian COVID-19 Omicron bermutasi 70 kali lebih cepat dari versi asli corona dan varian Delta dalam 24 jam. Awalnya, varian Omicron terdeteksi pada akhir November di Afrika Selatan (Afsel).

Baca juga
Kata Mantan Direktur WHO Soal Varian Deltacron

Hingga kini, sudah lebih dari 72 negara terinfeksi varian COVID-19 terbaru itu. Omicron menimbulkan gejala ringan. Meski begitu, Inggris baru saja melaporkan kematian pertama akibat Omicron baru-baru ini.

Seperti diketahui Omicron adalah varian terbaru dari virus corona penyebab COVID-19. Ini sudah diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia beberapa waktu lalu.

Varian Omicron masuk ke dalam kategori variant of concern (VoC), tanpa melalui kategori variant of interest (VoI). VoC merupakan kategori tertinggi untuk varian virus COVID-19 terkait penularan, gejala penyakit, risiko infeksi ulang, dan efek vaksin. Sebelumnya, varian virus yang masuk dalam kategori ini adalah Alpha, Beta, Gamma dan Delta karena penyebarannya yang cepat.

Tinggalkan Komentar