Varian Omicron Sudah di Malaysia, Dibawa Pelajar dari Afrika Selatan

foto istimewa

Menjelang Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 virus corona varian Omicron sudah terdeteksi di negara Malaysia. Demikian disampaikan Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin pada Jumat (3/12/2021).

Kasus tersebut ditemukan dari sampel pelajar yang kembali dari Afrika Selatan via Singapura pada 19 November 2021 lalu, tepatnya sebelum WHO menetapkan Omicron sebagai varian yang diwaspadai.

“Menyusul pengumuman ini Malaysia telah memperketat kawasan perbatasan,” kata Khairy.

Adapun pelajar tersebut merupakan seorang perempuan berusia 19 tahun. Saat ini sedang menjalani karantina selama 10 hari setelah diketahui positif terinfeksi varian baru yang bikin cemas dunia itu.

Baca juga  PN Depok Hukum Terdakwa Kasus Babi Ngepet 4 Tahun Penjara

Diketahui virus Omicron pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Setelah beberapa pasien yang dirawat di klinik milik seorang dokter bernama Angelique Coetzee di ibu kota Pretoria.

Para pasien dari orang-orang muda datang ke klinik karena mengalami kelelahan hebat. Bahkan ada seorang anak berusia enam tahun denyut nadinya terdeteksi sangat tinggi.

Anehnya walau demikian tidak ada satupun yang menderita kehilangan rasa atau bau alias anosmia seperti yang didapati pada gejala paling umum dari penderita COVID-19.

Tinggalkan Komentar