Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Video Pengomel Ibunda Arteria, Pakar Ungkap Banyak Emosi yang Menumpuk di Dalam Diri

Selasa, 23 Nov 2021 - 17:27 WIB
Arteria - inilah.com
istimewa

Beredar video Pengomel Ibunda Arteria yang menjadi viral di dunia maya. Video seorang perempuan yang marah-marah terhadap ibunda dari Anggota Komisi III DPR RI, Ateria Dahlan terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tanggerang, Banten.

Keributan tersebut terjadi di depan tempat fasilitas publik dan banyak dilihat orang. Menurut Kadek Widya Gunawan, M.Psi., Psikolog sebagai Psikolog Klinis Dewasa, menjelaskan, ketika kemarahan tersebut tidak tertahankan dan meluap di tempat umum, ada hal yang sebenarnya terjadi di dalam diri seseorang yang akhirnya bisa mengeluarkan amarah tersebut.

“Orang yang tidak bisa mentoleransi marahnya, ini dimungkinkan karena emosi yang juga menumpuk sebelumnya dan karena pemicu yang kecil. Misal di tempat umum, marahnya bisa meledak dan tidak terkendali, sehingga muncul perilaku acting out (marah dimunculkan dalam perilaku yang tidak appropriate),” kata Kadek kepada INILAH.COM, Jakarta, Selasa, (23/11/2021).

Baca juga
Dedi Mulyadi ke Arteria: Pakai Bahasa Sunda Apa Salahnya?

Dia menjelaskan, acting out bisa dikeluarkan dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah seseorang yang memamerkan status sosialnya.

“Seperti mengamuk atau berdebat tidak mau kalah, ingin mendominasi, termasuk dengan membawa jabatan keluarga, terlepas dari apakah benar keluarganya punya jabatan atau tidak,” tambahnya.

Masih menurut Kadek, jika seseorang menahan emosi dan mengeluarkannya tidak pada tempatnya serta dengan cara yang tidak benar, maka kemarahan akan muncul dan sulit dikendalikan. Kemudian, tambah Kadek, seseorang yang sedang marah akan timbul kecurigaan terhadap orang lain.

“Saat seseorang terlalu menahan emosinya, apalagi emosi marah yang ditumpuk terus di dalam diri tanpa pernah memgekspresikan dengan cara yang proper (pantas), maka emosi marah akan membuat orang itu memproyeksikan ke luar diri bahwa orang lain lah yang marah kepadanya, sehingga menjadikan dia mudah curiga dan paranoid terhadap orang lain,” ujarnya.

Baca juga
Arteria Sebut Penegak Hukum Tak Boleh di-OTT, PPP: Jabatan Tak Boleh Jadi Halangan

Sebelumnya Ibunda Arteria Dahlan terlibat cekcok mulut dengan seorang perempuan muda di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Dalam video terlihat jika ibu Arteria dengan perempuan tersebut saling meneriaki satu sama lain.

Kasus tersebut kemudian bergulir lantaran kedua belah pihak sama-sama membuat laporan ke Polres Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (12/11/2021) malam. Di samping itu hingga saat ini identitas lengkap sang perempuan itu tak kunjung dibeberkan pihak kepolisian ke publik.

Tinggalkan Komentar