Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Viral Aplikasi Lensa AI Bisa Bikin Wajah Sempurna, Begini Cara Menggunakannya

Kamis, 08 Des 2022 - 13:26 WIB
Aplikasi Lensa AI
Sebuah foto di Instagram setelah menggunakan aplikasi Lensa AI. (Foto: @prisma & @lensa.ai/Instagram).

Belakangan ini, hasil foto dengan aplikasi Lensa AI (artificial intelligence) ramai berseliweran di Instagram dan Tik Tok.  Melihat tren tersebut, para pengguna pun lantas memburu aplikasi yang bisa menghasilkan avatar dari wajah-wajah mereka.

Mengutip situs nj.com, ditulis di Jakarta, Kamis, (08/12/2022), aplikasi tersebut sebenarnya bernama Lensa AI. Lensa AI merupakan aplikasi yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan avatar berdasarkan foto selfie seseorang.

Dengan Lensa AI ini, foto selfie para pengguna bisa terlihat sempurna. Para pengguna juga dapat mengubah latar belakang dan menambahkan efek lain ke gambar selfie secara sesuka hati agar fotonya bisa lebih menonjol.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr)

Beberapa selebriti Tanah Air menggunakan Lensa AI untuk menampilkan foto-foto terbaiknya. Mereka antara lain Dian Sastrowardoyo, Asmara Abigail dan Tara Basro merupakan selebriti perempuan Indonesia yang sudah mengikuti tren Avatar AI ini di Instagram. Mereka mengunggah fotonya yang sudah dipakaikan Avatar AI lewat Lensa AI.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Asmara Abigail (@asmaraabigail)

Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi Lensa AI ini.

Cara membuat avatar di aplikasi Lensa AI di Instagram:

1. Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Lensa AI ini. Aplikasi tersebut tersedia di Google Play Store dan App Store.

Baca juga
Instagram Makin Cari Cuan, Kini Punya Fitur Khusus Berbayar

2. Setelah mengunduhnya, pastikan juga Anda telah membuat akun untuk aplikasi tersebut. Tersedia pula uji coba gratis selama seminggu atau membayar paket tahunan.

3. Ambil foto selfie jika Anda belum memiliki. Jika sudah memiliki dan ingin membuatnya di Instagram, segera menuju aplikasi Instagram, masukan akun Anda, kemudian buka bagian profil.

4. Selanjutnya ketuk tiga garis horizontal di kanan atas layar Anda untuk membuka menu baru.

5. Pilih menu pengaturan dari daftar dan buka akun.

6. Di antara berbagai pilihan, Anda akan melihat Avatar. Ketuk tab ini.

7. Pilih menu mulai dan silakan sesuaikan Avatar Anda.

Baca juga
Yuk Cari Tahu Penghasilan Seorang Kreator Konten di Media Sosial

8. Pilih warna kulit yang paling mirip dengan warna asli Anda. Namun, tak ada aturan ketat
dan cepat agar warna kulit Anda terlihat persis sama. Disarankan untuk memilih fitur asli Anda agar dikenali. Ketuk menu berikutnya jika telah selesai.

9. Kemudian pilih gaya rambut, bentuk wajah, bentuk dan warna mata, alis, kacamata, bentuk hidung, bentuk wajah, aksesori wajah, tubuh, pakaian, dan riasan. Ketuk menu berikutnya lagi jika telah selesai.

10. Pilih tipe tubuh dan pakaian Anda. Anda akan melihat pakaian dari berbagai daerah di seluruh dunia hadir. Anda juga dapat memilih salah satu yang Anda sukai tanpa perubahan apa pun. Ikon cermin di sebelah kanan membuka kamera depan, sehingga Anda dapat membandingkan Avatar dengan wajah asli Anda.

Baca juga
Dikemas Dalam Format 4K High Dynamic Range, Avatar Kembali Hadir di Bioskop

11. Pilih menu selesai saat semuanya sudah siap. Kemudian ketuk simpan perubahan untuk mengonfirmasi, dan Avatar Anda siap digunakan.

Anda pun dapat menyinkronkan avatar Instagram untuk digunakan di aplikasi Meta seperti Facebook. Untuk melakukan hal itu, ketuk menu OK saat opsi muncul setelah Anda membuat avatar.

Itulah aplikasi avatar yang belakangan ini viral di Instagram dan Tiktok, yang bisa Anda coba secara gratis.

Tinggalkan Komentar