https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   01 September 2021 - 15:11 wib

Daftar Nama Dikaitkan Jadi Penyokong Dana Teroris KKB

Etius Baye, seorang Camat atau kepala Distrik Yahukimo Papua ditangkap Satgas Nemangkawi pada hari Jumat (27/8/2021) malam di kediamannya. Etius diduga berkonspirasi dan menjadi penyalur dana ke teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Total ada delapan yang kita amankan dari rumah itu, namun setelah didalami, empat orang kita tahan dan ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan berencana, sisanya kita bebaskan,” ujar Direskrimum Polda Papua, Kombes Faisal Ramadhani, Rabu (1/9/2021).

Penangkapan Etius Baye menambah daftar nama penyokong dana terhadap Teroris KKB. Inilah.com menghimpun dua nama yang pernah dikaitkan menjadi penyokongan dana bagi KKB.

1. Sonny Arson Wanimbo

Sonny bergabung dengan partai Nasdem dan kemudian menjadi Ketua DPRD Tolikara. Dia ditangkap Satgas Nemangkawi usai pengembangan penangkapan anggota KKB, Neson Murib alias Ratius Murib di Kabupaten Puncak Jaya, Papua pada Senin (13/6/2021).

Neson adalah anggota jaringan pemasok senjata api untuk KKB. Dari tangannya polisi menyita uang sebanyak Rp370 juta untuk membeli senjata api. Diduga uang itu berasal dari Ketua DPRD Tolikara, Sonny Wanimbo.

2. Paniel Kogoya
Nama Paniel Kogoya disebut sebagai penyokong dana KKB Papua untuk membeli senjata dan amunisi. Paniel pernah menangani pekerjaan atau sebagai kontraktor pengadaan 1.000 unit solar cel atau PLTS di Kabupaten Intan Jaya.

Dia menghabiskan dana Rp1,1 miliar membeli empat pucuk senjata api untuk mendukung aksi brutal teroris KKB

Uang dan Senpi Modal KKB Usik Keamanan

Teroris KKB juga kerap mengancam kepala desa dan sekretaris saat mengetahui dana desa telah cair. Diminta untuk membeli senjata dan amunisi.

Pengawasan terhadap dana desa dan penjualan senjata api harus ditingkatkan pemerintah dan aparat keamanan.

Selama masih mendapat sokongan uang untuk membeli senjata api dan amunisi, eksistensi teroris KKB mengganggu keamananan di sejumlah kabupaten Provinsi Papua bisa terjadi kapan saja.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Komandan KKB Tewas Tewas Ditembak, Dua Terluka

Tiga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), ditembak aparat TNI-Polri. Salah satunya tewas.
berita-headline

Inersia

Sedih Tak Dianggap Pahlawan, Nakes Malah Jadi Korban Serangan KKB

Ratusan tenaga kesehatan (nakes) menggelar aksi long march dan bakar seribu lilin di sepanjang Ja
berita-headline

Viral

Nakes Gerarld yang Hilang di Kiwirok Dipulangkan

Tenaga kesehatan (nakes) yang Gerald Sokoy yang sempat hilang di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bint