https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   03 September 2021 - 16:23 wib

Berdagang dengan Arab via IUEA-CEPA, Mendag Lutfi Optimis Ekspor Indonesia Bisa Lipat Tiga

Urusan ekspor produk Indonesia, Presiden Joko Widodo begitu menggebu-gebu. Sementara untuk impor barang, jawabannya: 'no way'. Sehingga wajarlah apabila presiden mewanti-wanti para menterinya untuk memperjuangkan peningkatan ekspor. Termasuk Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. 

Gayung pun bersambut. Mendag Lutfi menargetkan nilai perdagangan RI dengan Uni Emirat Arab (UEA) naik 2-3 kali lipat, sesuai arahan Presiden Jokowi.

Saat ini, nilai perdagangan Indonesia dengan UEA mencapai US$2,9 miliar per tahun. Ke depan, melalui Indonesia-Uni Emirat Arab Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUEA-CEPA), perdagangan dengan UEA diharapkan bisa melejit menjadi US$9 miliar.

"Sekarang ini nilai perdagangan jual-beli senilai US$2,9 miliar dan rencananya setelah penandatangan IUEA-CEPA kita setidaknya bisa mendapat 2-3 kali lipat daripada angka tersebut," kata Mendag Lutfi pada konferensi pers daring, Jumat (3/9/2021).

Dia juga menyanggupi arahan Presiden untuk merampungkan pembahasan IUEA-CEPA kurang dari setahun. Tentunya ini menjadi harapan besar bagi pemerintahan Jokowi yang berkomitmen dalam memulihkan perekonomian nasional yang sempat terseok-seoak lantaran pandemi COVID-19.

Dalam hal ini, Mendag Lutfi mengaku optimis bisa mencapai target melihat beberapa bidang yang menjanjikan. Salah satunya, ekspor emas dan perhiasan emas ke UEA. Saat ini, emas dan perhiasan emas menjadi komoditas ekspor non-migas kelima terbesar atau setara US$8,2 miliar. Dari total tersebut, 37 persen di antaranya diekspor ke negara transit.

Beberapa dari negara transit tersebut kemudian menjual emas dari Indonesia lebih murah ke UEA karena memiliki perjanjian perdagangan bilateral.

Ia menyebut, negara transit bisa menjual emas dan perhiasan asal Indonesia lebih murah 5 persen, daripada UEA membeli langsung dari Indonesia. Dengan memiliki IUAE-CEPA, ia berharap emas dan perhiasan bisa langsung dikirim tanpa negara perantara.

"Di saat bersamaan kita hanya menjual US$76 juta kepada UEA secara langsung karena dengan perjanjian perdagangan tersebut berarti menjual barang-barang indonesia lebih murah 5 persen," ujar Mendag Lutfi.


Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Mendag Lutfi Sebut Pasar Badung Contoh Penerapan SOP PeduliLindungi

Kalau tak ada aral, pariwisata di Pulau Bali mulai dibuka pada bulan depan. Menteri Perdagangan M
berita-headline

Kanal

Mendag Lutfi Akui HET Indonesia Terlalu Tinggi Ketimbang Harga Internasional

Diakui Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Luthfi, menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET), su
berita-headline

Viral

Ini Solusi Cerdas Mendag Lutfi, Telur Ayam dari Peternak Diborong untuk Bansos

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengupayakan untuk menyerap telur dari para peternak yang dipe
berita-headline

Viral

Indonesia Gudangnya Produk Halal, Mendag Lutfi Genjot Perdagangan dengan UEA Lewat IUAE-CEPA

Langkah Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mendorong semakin derasnya perdagangan antara
berita-headline

Kanal

Dorong Produk UKM Aceh Tembus Pasar Global, Kemendag Lakukan Ini

Upaya meningkatkan kualitas produk ekspor terus dilakukan Kementerian Perdagangan. Inovasi desain