https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   10 September 2021 - 10:30 wib

Kritikan Rocky Gerung, Berseteru Dengan Ngabalin, Lalu Disomasi Sentul City

Viral
berita-headline

Rocky Gerung (Foto Istimewa)

Nama Rocky Gerung ramai diperbincangan publik, hal ini menyusul pengamat politik itu disomasi PT Sentul City Tbk terkait dugaan penyerobotan lahan di Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lokasi itu tempat Rocky Gerung tinggal.

Sebelum disomasi PT Sentul City, pemikiran Rocky Gerung kerap mewarnai kancah perpolitikan baik di televisi, media elektronik, maupun acara-acara diskusi lainnya di republik ini. 

Rocky terkenal sebagai salah satu intelektual yang tajam dan keras dalam mengkritik pemerintah. Berikut beberapa kritiknya yang dirangkum Inilah.com periode Agustus hingga September 2021.  

Mural ‘Jokowi 404: Not Found’

Rocky Gerung aktif menyoroti mural ‘Jokowi 404: Not Found’ Menurutnya wajar mural itu memicu 'bertengkar'. Itu adalah hal lumrah dalam negara demokrasi. Jadi sudah sesuai prinsip jika rakyat menagih apa yang dijanjikan presiden. Kehadiran mural juga pertanda ada kehidupan di sekitarnya. 

“Bertengkar itu bukan tindakan kriminal. Kalau pakai otot, baru itu kriminal,” ujarnya dalam video di kanal YouTube Rocky Gerung Official, Kamis (19/8/2021).

Penghapusan Mural

Rocky Gerung dalam akun YouTube, dikutip pada Sabtu (21/8/2021), menekankan penghapusan mural yang sporadis di sejumlah daerah Indonesia, seperti membendung air bah. Bukan berkurang malah semakin banyak dari jumlah sebelumnya.

Alasan sederhana semakin menjamurnya mural, karena faktanya memang benar terkait dengan pesan-pesan kritis dalam karya seni lukis yang dilakukan pada media permanen seperti tembok, dinding, dan lainnya itu. Sesungguhnya pesan-pesan dalam mural tersebut merupakan gambaran apa yang dirasakan masyarakat bawah di tengah pandemi. 

Berseteru Dengan Ngabalin

Rocky Gerung menyoroti sejumlah Ketua Umum Partai yang memuja-muji Presiden Jokowi dalam penanganan pandemi Covid-19.  Menurutnya sejumlah petinggi Parpol itu tak ubahnya Ali Mochtar Ngabalin. Pasalnya dia menilai Ngabalin yang kerap memuji Jokowi.

“Pada akhirnya semua alami Ngabalinisasi. Itu seperti satu kelurga yang saling memuji tuh,” kata Rocky Gerung, dikutip dari kanal YouTube.

Atas omongan itu, Ngabalin sekaligus Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden tak terima dengan istilah Ngabalinisasi yang dilontarkan Rocky. Lalu dalam akun Twitternya @AliNgabalinNew, Kamis, 2 September 2021, dia mengomentari pernyataan Rocky.

"Rocky, profesor abal-abal satu di antara  manusia prasejarah yang tertinggal pada zaman moderen. kabarnya para pakar genetik sedang meneliti DNA makhluk berotak sungsang ini," cuit Ngabalin.

Desak Tuntaskan Kasus Munir

Rocky Gerung mendesak Presiden Jokowi untuk mengusut kembali kasus kematian aktivis HAM, Munir Said Thalib. Kasus itu masih menyisakan banyak misteri. Padahal sudah berjalan selama 17 tahun.

Munir meninggal dunia usai diracun menggunakan arsenik saat berada di pesawat Garuda Indonesia (penerbangan 974) dari Jakarta menuju Amsterdam, Belanda, dengan transit di Singapura.

Peringatan peristiwa Munir bagian dari waktu untuk mengingatkan janji reformasi untuk penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM).


Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Rocky Gerung Disomasi Sentul City, Rumahnya Diancam Dirobohkan

Akademisi Rocky Gerung disomasi PT Sentul City Tbk terkait dugaan penyerobotan lahan di Bojongkoneng
berita-headline

Inersia

Cerita Said Didu, Rocky Gerung Baca Al-Qur'an dan Tandai Halaman Penting

Nama Rocky Gerung masih ramai diperbincangan publik buntut disomas
berita-headline

Kanal

Mural Dihapus Muncul Baru Tak Bisa Dibendung

Penghapusan mural yang sedang  sporadis di sejumlah daerah Indonesia, seperti membendung air bah. Bu