https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   11 September 2021 - 17:56 wib

Wow, Setiap 40 Detik Seseorang Bunuh Diri di Seluruh Dunia

Viral
berita-headline

istimewa

Menurut Asosiasi Internasional untuk Pencegahan Bunuh Diri, setiap 40 detik seseorang melakukan bunuh diri di seluruh dunia, atau sekitar 800.000 kejadian bunuh diri setiap tahunnya. 

Lebih dari 75 persen kasus bunuh diri terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah (IASP 2021). Sementara data P2MKJN 2019 menyatakan di Indonesia terdapat lebih dari 16.000 kasus bunuh setiap tahunnya.

”Bunuh diri perlu mendapatkan perhatian, sebab hal ini termasuk fenomena gunung es dimana kejadian yang terlihat jauh lebih sedikit dibanding jumlah kasus sebenarnya. Terlebih dalam situasi pandemi ini dimana menurut hasil riset IPK, kami menemukan adanya peningkatan mereka yang mengalami gangguan psikologis, rentan stres, depresi, bahkan terancam bunuh diri,” kata Ketua Umum Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, Dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si.,Psikolog, saat temu media virtual di Jakarta, Sabtu, (11/09/2021).

Dr. Sandersan Onie, Peneliti Kesehatan Mental dalam Pencegahan Bunuh Diri, pendiri Emotional Health for All, menjelaskan bahwa berdasarkan penelitiannya, untuk setiap kematian bunuh diri, kemungkinan ada 29 upaya serupa di tempat lain.

“Upaya bunuh diri dapat menular, khususnya mereka yang berada di sekitar individu yang bunuh diri,” ujar Sandersan.
 
Selain itu, Dr. Sandersan menemukan kurangnya keahlian penelitian dalam membantu menginformasikan apa yang perlu dilakukan, seperti upaya pencegahan yang sudah tidak relevan atau tidak efektif dengan zaman yang berubah. Melihat upaya bunuh diri yang banyak dilakukan generasi milenial, Dr. Sandersan mengembangkan website pencegahan bunuh diri, ehfa.id.
 
Website ini menampilkan halaman bantuan saat krisis, yang dapat dikunjungi ketika seseorang merasa ingin bunuh diri. Dalam website ini, pengunjung dapat menggunakan serangkaian fitur berbasis penelitian dan dapat menyaksikan video pengalaman seseorang yang mencegah keinginannya untuk bunuh diri. Tautan ke sumber daya penting, termasuk database psikolog terdaftar IPK Indonesia terdapat dalam website tersebut.

Kemudian, terdapat serangkaian alat dan formulir awal untuk mengidentifikasi kondisi krisis yang dialami. Selain itu, terdapat rencana keamanan yang dapat digunakan oleh seseorang yang memiliki tendensi bunuh diri, sebagai bantuan awal mengatasi krisis tersebut.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Lima Solusi Sandra Dewi Atasi Stres Hadapi Pandemi

Ibu dari dua anak laki-laki, Sandra Dewi, berbagi cerita bagaimana cara menghadapi stres.S
berita-headline

Inersia

Squid Game, Bisa Jadi Cerminan Masyarakat yang Putus Asa

Serial drama asal Korea Selatan Squid Game tengah popular saat ini. Ada banyak pelajaran menarik
berita-headline

IXU

Pandemi, Ini Cara Ibu Ubah Stres jadi Emosi Positif

Pertanyaan: Pandemi menjadikan orang banyak di rumah saja. Lantas timbul rasa stres yang berda
berita-headline

Viral

Ibu Dua Anak Gantung Diri karena Tak Kuat Diteror Debt Collector Pinjol

Seorang ibu di Wonogiri, Jawa Tengah, memilih untuk mengakhiri hidup dengan gantung diri di teras
berita-headline

Inersia

Waspada, Kenali Tanda-Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri

Bunuh diri harus dicegah sedini mungkin. Fenomena bunuh diri semakin meningkat kasusnya bahkan di