https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   11 September 2021 - 10:24 wib

Wacana Reshuffle dan Dorongan Regenerasi Menkopolhukam

Wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan kocok ulang kabinet (reshuffle) mulai berhembus beberapa waktu terakhir. 

Berbagai nama mulai mencuat dan dinilai pantas masuk mengisi kursi menteri di kabinet Jokowi-Amin. Salah satunya nama Sufmi Dasco Ahmad yang dianggap layak sebagai calon Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan. 

Tampuk kepemimpinan Menkopolhukam saat ini ada di tangan Mahfud MD. Sementara Sufmi Dasco Ahmad sekarang menjadi salah satu Wakil Ketua DPR RI. 

Ia duduk sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) periode 2019 - 2024 melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III.

Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai Dasco sangat  berpengalaman dalam politik dan hukum.

Walau demikian hak preogratif memilih nama menteri berada di tangan Presiden Joko Widodo. Terpenting adalah kriteria menjadi menteri juga harus dilihat seperti integritas, komitmen, berkarakter dan juga tegas.

"Sebelum memilih menteri sebaiknya dilakukan jejak pendapat atau sayembara kepada masyarakat siapa saja nama-nama yang pantas menjadi menteri," ucap Jerry, Sabtu (12/9/2021).

Tugas Menkopolhukam harus menciptakan sabilitas politik dan keamanan untuk menopang pembangunan ekonomi yang terus dijadikan prioritas bagi pemerintah.

Dasco secara jaringan dikenal oleh banyak orang. Baik tokoh politik,  agama, aktivis mahasiswa, dan juga aktivis buruh. Dia pun merupakan salah satu aktor dibalik  rekonsiliasi antara Jokowi-Prabowo pasca Pilpres 2019 lalu.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Mahfud MD: Sudah Terjerat Pinjol Ilegal, Jangan Bayar Lagi

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan bisnis pinjaman online (pinjol) ilegal bisa diseret ke
berita-headline

Viral

Beredar Kencang Isu Hadi Tjahjanto Akan Ganti Posisi Mahfud MD

Beredar isu bahwa posisi Men