https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   14 September 2021 - 21:08 wib

Mendag Lutfi Perjuangkan Produk Indonesia Kuasai Pasar Mitra ASEAN

Terkait perdagangan dunia, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi punya mimpi besar. Produk Indonesia tidak hanya menjadi raja di ASEAN, namun juga diterima sejumlah mitra dagang kawasan.

Sejumlah negara yang selama ini menjadi mitra dagang bagi negara-negara anggota ASEAN, semisal, China, Korea Selatan, Jepang dan Swiss, semakin terbuka menerima produk Indonesia.

Negara-negara ASEAN, kata Mendag Lutfi, sepakat untuk meningkatkan kerja sama dan memfasilitasi perdagangan dengan mitra dialog tersebut, serta menjamin kelancaran arus rantai pasok obat dan alat kesehatan untuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Lutfi usai hadir di hari pertama rangkaian Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Ministers (AEM) dengan negara mitra secara virtual yaitu China, Korea Selatan, Jepang, dan Swiss.

"Negara-negara ASEAN sepakat meningkatkan kerja sama perdagangan untuk mempercepat pemulihan ekonomi," kata Mendag Lutfi, Selasa (14/9/2021).

Menurut dia, dalam pertemuan AEM and the Minister of Commerce (MOFCOM) Consultations ke-20 ini juga disepakati agar ASEAN dan China segera menyelesaikan pembahasan ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) Upgrade Protocol, di samping mengidentifkasi area kerja sama baru.

Mendag Lutfi menyebut, para menteri ASEAN juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan ekonomi antara ASEAN dan China. Kerja sama dan fasilitasi perdagangan dan investasi ASEAN-China harus tetap terbuka.

“Para menteri bersepakat meningkatkan fasilitasi perdagangan dan menjamin  perdagangan dan investasi ASEAN-China tetap terbuka. Hal ini wajib dilakukan untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN,” ujar Mendag Lutfi.

Selain penguatan kerja sama dengan China, para menteri di kawasan ASEAN juga mendorong penyelesaian Joint Feasibility Study untuk mengidentifikasi area perdagangan yang dapat ditingkatkan melalui persetujuan ASEAN-Korean Free Trade Agreement (FTA).

Adapun dengan Swiss, seluruh menteri di ASEAN berkomitmen meningkatkan kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, dan pembangunan yang berkelanjutan untuk merespons kondisi pandemi COVID-19.

Rangkaian pertemuan diakhiri dengan pertemuan AEM Plus Three (APT) ke-24 yang terdiri dari Korea Selatan, China, dan Jepang. Para Menteri ASEAN dan Plus Three menyepakati 'ASEAN Plus Three  Economic Cooperation Work Program (APT ECWP) 2021-2022'.


Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

RUU Niaga Elektronik Se-ASEAN Diketok Palu DPR, Mendag Lutfi Yakin Ekonomi Pulih Cepat

Pemerintah dan DPR, akhirnya menyepakati RUU Niaga Elektronik se-ASEAN, disahkan menjadi Undang-U
berita-headline

Kanal

6 Ton Salak Pondoh Yogyakarta Tembus Ekspor ke Kamboja

Kementerian Perdagangan melalui Ba
berita-headline

Viral

Indonesia Gudangnya Produk Halal, Mendag Lutfi Genjot Perdagangan dengan UEA Lewat IUAE-CEPA

Langkah Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mendorong semakin derasnya perdagangan antara
berita-headline

Kanal

Berburu Kerja Sama Dagang dan Investasi, Mendag Lutfi Terbang ke Italia

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menghadiri pertemuan tingkat Menteri Perdagangan dan Investasi
berita-headline

Kanal

Mendag Lutfi Optimistis Indonesia Bakal Jadi Negara Adi Daya

Saat ini, perekonomian Indonesia memang masih terbilang ngos-ngosan. Suatu saat nanti, Ind