https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   17 September 2021 - 00:05 wib

Luncurkan Warung Pangan, Mendag Lutfi Ingin Petani Sejahtera, Bukan Sekedar Aplikasi

Keberadaan Warung Pangan yang didirikan RNI, BGR, dan PTPN, diyakini bisa menyederhanakan rantai pasok perdagangan. Alhasil, konsumen dan produsen pangan, dalam hal ini petani bisa langsung berhubungan.

Konsep Warung Pangan ini diapresiasi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dengan menyebut bahwa Warung Pangan merupakan ekosistem baru yang memudahkan pergerakan barang dari hilir sampai ke tangan konsumen.

Mendag Lutfi mengatakan,  Warung Pangan tak hanya menolong pembeli untuk memenuhi kebutuhan pangan. Namun menolong penjual atau pelaku usaha, termasuk petani.

"Warung Pangan ini memberikan nilai tambah kepada petani. Pelaku usaha yang Nilai Tukar Petaninya (NTP) kadang-kadang untung dan kebanyakan ruginya. Jadi ini memberikan terobosan opsi kepada petani-petani kita untuk bisa menjual di dalam," ujar Mendag Lutfi dalam acara Launching Produk Bersama Warung Pangan yang disiarkan virtual, Kamis (16/9/2021).

Mendag Lutfi menilai, peluncuran ini sejalan dengan misi pemerintah untuk menggenjot ekonomi digital. Dalam ekonomi digital, perlu inovasi teknologi agar bisa bersaing dengan platform lainnya.

"Jadi jangan hanya sekadar aplikasi saja untuk bersaing, agar (aplikasi) warna orange yang kita miliki ini bisa mengalahkan (aplikasi) orange yang lain," ujar dia.

Saat ini, kata Mendag Lutfi, inovasi digital sudah menjadi kebutuhan dunia, termasuk sektor pangan atau pertanian. Dalam sidang ASEAN saja, selama empat hari membahas khusus ekonomi digital. Studi ADB menunjukkan, ekonomi digital akan terkikis antara yang punya dan yang tidak punya. Serta dapat mengetahui gap antara kaya dengan yang miskin.

"Oleh karena itu ini adalah terobosan kita yang mesti kita dukung," ucapnya.

Terakhir, Mendag Lutfi juga menitipkan agar ke depannya Warung Pangan ini bisa terus melakukan inovasi teknologinya. Sehingga tidak berhenti sekedar mempunyai aplikasi saja, namun juga bisa bersaing dengan lainnya.

"Agar warnanya yang oranye ini bisa mengalahkan oranye yang lain, gitu loh. Karena tadi saya tanya kenapa warnanya oranye, saya kalau sudah warna oranye agak sedikit gatal saya langsung. Jadi saya ingin pokoknya inovasi teknologi itu memastikan bahwa yang oranye itu menjadi pemenangnya, mengalahkan oranye yang lain," pintanya.








Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Data eHAC Diduga Bocor, Berikut Ini Hal yang Wajib Diwaspadai

Aplikasi kesehatan e-HAC (electronic Health Alert Card) diduga menderita kebocoran data, s
berita-headline

Viral

Tinjau Pasar Rakyat di Bali, Mendag Lutfi Cek Persiapan SOP PeduliLindungi

Menteri Perdagangan  Muhammad Lutfi mengunjungi pasar rakyat, yakni Pasar Badung dan Pasar S
berita-headline

Viral

Indonesia Gudangnya Produk Halal, Mendag Lutfi Genjot Perdagangan dengan UEA Lewat IUAE-CEPA

Langkah Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mendorong semakin derasnya perdagangan antara
berita-headline

Inersia

Aplikasi Investasi untuk Milenial yang Fungsional

Bagi sebagian orang investasi sudah menjadi gaya hidup khususnya untuk anak milenial. Melihat tre
berita-headline

Kanal

Lutfi Harap Inilah.com Bantu Selesaikan Persoalan Negeri

Jurnalisme Solusi menjadi titik awal semangat Inilah.com memulai kembali sebagai media yang membe