https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   17 September 2021 - 13:19 wib

Gunungan Sampah di Bantargebang Terancam Longsor

Viral
berita-headline

istimewa

Sejumlah warga yang tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat terancam oleh gunungan sampah yang tingginya puluhan meter itu.

Warga sekitar umumnya adalah para pekerja pengais sampah atau pemulung yang menempati rumah berbahan dasar kayu triplek dan seng di sekitar gunungan sampah. Merekapun khawatir dengan ancaman longsor gunungan sampah itu yang bisa terjadi kapan saja.

Salah seorang warga yang sehari-hari tinggal di Bantargebang mengaku pasrah lantaran tidak memiliki tempat tinggal lain. Karena di lokasi tersebut ia bisa tinggal sekaligus mencari uang dari hasil mengais sampah.

"Ya mau gimana lagi?' ucapnya.

Kepala Satuan Pelaksana TPST Bantargebang Unit Pengelolaan Sampah Terpadu (UPST) DKI Jakarta Handoko mengakui sampah yang ada di TPST bantargebang sudah seperti gunung.

Ia menjelaskan dalam satu hari DKI Jakarta mengirim sampah seberat 7.500 ton. Ribuan ton sampah itu berasal dari seluruh wilayah DKI Jakarta termasuk Kepulauan Seribu.

"Berdasarkan kajian tahun 2019, ketinggian (gunungan sampah) maksimal kurang lebih 50 meter. Itu 2019, sekarang 2021 kemungkinan ketinggian 50 meter itu sudah overlah," katanya.

Dan untuk mengantisipasi longsornya gunungan sampah, pihaknya setiap hari melakukan perapihan di setiap zona. Dirinya mengakui di sekitar TPST terdapat warga yang tinggal dan bekerja mengais sampah untuk ditukar kembali dengan uang.

"Kita tetap khawatir terjadinya pergeseran, jadi kami koordinasi hal-hal apa yang setidaknya tidak membahayakan teman-teman pemulung," katanya.

Tak hanya itu, Pemprov DKI Jakarta juga tengah membangun pengolahan sampah atau Intermediate Treatment Facility (ITF) yang dapat mengolah sampah 2.000 ton per hari. Ini untuk mengurangi beban sampah yang dikirim dari Jakarta ke Bantargebang.

Meski sudah menggunung, namun beberapa alat berat masih terlihat berdiri di atas gunungan sampah. Begitu juga dengan tenda-tenda pemulung yang dibuat dengan seadanya untuk beristirahat di atas tumpukan sampah.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Banyak Sampah Berserakan di Pinggir Jalan di Bekasi

Sampah berserakan di pinggir jl Pisangan, Satria Mekar, Tambun Utara membuat wilayah Bekasi tampa
berita-headline

Viral

Lagi, Bogor Sulap TPS Jadi Hutan Kota

Sebuah lokasi bekas tempat pembuangan sampah (TPS) di kawasan Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor akan
berita-headline

Kanal

Masalah Limbah, Ketua DPD RI Dorong Inovasi Masker Ramah Lingkungan

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendorong pemerintah melalui badan riset, untuk memb
berita-headline

Kanal

Gerakan Sosial Jaga Lingkungan, Chandra Asri Kembali Dukung World Cleanup Day 2021

Sebagai bentuk komitmen pada program berkelanjutan terutama masala
berita-headline

Inersia

Ubah Sampah Plastik jadi Aspal

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2019 menyebutkan timbunan sampah di Indonesi