https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   17 September 2021 - 21:58 wib

Perjuangan Indonesia Dapatkan Vaksin COVID-19, Dicueki Swasta Hingga Jadi Top Six Vaksinasi Dunia

Viral
berita-headline

Menteri BUMN Erick Thohir bersama anak-anak Taman Baca Cikuya, Banten. instagram.com/erickthohir

Menteri BUMN Erick Thohir menceritakan perjuangan Indonesia dalam mendapatkan vaksin COVID-19. Mulai diacuhkan perusahaan swasta hingga menjadi negara keenam tertinggi di dunia dalam vaksinasi.

"Kami coba kontak beberapa perusahaan di luar negeri. Memang agak sedih awal-awalnya, kita buka-bukaan saja, kita pernah sempat tidak direspons," kata Erick dalam acara Wealth Wisdom 2021, Jumat (17/9/2021).

Erick menerangkan pemerintah sebetulnya ingin mengembangkan vaksin sendiri bekerja sama dengan perguruan tinggi. Namun setelah berdiskusi, ternyata butuh waktu satu setengah tahun bagi Indonesia bisa membuat vaksin sendiri.

Barulah kemudian pemerintah memutuskan untuk mencari vaksin COVID-19 dari luar negeri. Sempat tak dihiraukan perusahaan swasta luar negeri, pemerintah pun mengontak sejumlah negara sahabat.

"Kita terpikir, mungkin beberapa negara yang sudah terdampak duluan mungkin sudah punya. Kayak China misalnya, atau negara di Eropa, Amerika juga bisa dan sudah trial," kata Erick.

Vaksin pertama pun didapatkan Indonesia. Vaksin tersebut yaitu vaksin Sinovac yang berasal dari China. Erick mengatakan, China adalah negara pertama yang menyetujui kerja sama vaksin dengan Indonesia.

"Kebetulan kita berhubungan baik dengan China. Kita coba di 2020 ke sana sama Bu Menlu. Pendekatan ke sana, responsnya positif, kita disepakati dapat vaksin," papar Erick.

Tak ingin terlena dengan satu sumber vaksin, Indonesia terus menjalin komunikasi dengan negara lain. Akhirnya vaksin kedua didapatkan dari Inggris, yaitu vaksin AstraZeneca.

Barulah kemudian bantuan dan kerja sama vaksin dari berbagai pihak termasuk WHO mulai berdatangan ke Indonesia. Bahkan hingga saat ini Indonesia menjadi negara tertinggi keenam vaksinasi dunia.

"Dari perjuangan tadi, kita mungkin sekarang ini top six vaksinasi di dunia, negara dengan vaksin tertinggi," tandas Erick.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Bangun Jembatan untuk Warga Desa Cikuya-Banten, Erick Thohir 'Izin' ke Penarik Getek

Dalam kunjungannya ke Desa Cikuya, Banten, akhir pekan lalu, Mente
berita-headline

Kanal

Erick Thohir: Selamat Hari Radio Nasional

Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan Selamat Hari Radio Nasional
berita-headline

Kanal

Perintah Iqra' Bacalah, Erick Thohir Antarkan Buku untuk Anak-anak Desa Cikuya Banten

Menteri BUMN Erick Thohir mengantarkan buku, perlengkapan mewarnai
berita-headline

Kanal

Erick Thohir Tak Lagi WFH Atau WFO, Tapi WFE

Pulang dari kunjungan kerja di Cirebon, Menteri Badan Usaha Milik
berita-headline

Viral

Erick Thohir Jamin Mendag Lutfi Bukan Sosok yang Suka Impor

Sejak awal, Presiden Joko Widodo mewanti-wanti para menteri untuk mengurangi ketergantungan terha