https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   17 September 2021 - 22:17 wib

Good Bye Direksi BUMN Malas, Siap-siap Disemprit Erick Thohir

Viral
berita-headline

Menteri BUMN Erick Thohir. ist

BUMN yang wanprestasi bakal digenjot Menteri BUMN Erick Thohir. Erick ingin perusahaan plat merah mampu bersaing di pasar global.

Erick mengakui ada BUMN malas dan terlena dengan subsidi melalui Penyertaan Modal Negara (PMN). Di era kepemimpinannya Erick menegaskan mindset 'malas' tersebut tak punya tempat lagi di BUMN.

"Kita juga harus sadari banyak sekali BUMN ini juga terlena. Karena punya persepsi 'kan saya kerja di BUMN, kalau bangkrut kan disuntik pemerintah lagi'. Di era sekarang, no, tidak boleh lagi, bahwa kita ingin memastikan bahwa BUMN itu bisa bersaing di pasar terbuka," tegas Erick di Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Erick menegaskan komitmen transformasi BUMN. Anggota Komite Olimpiade Internasional itu mengungkapkan empat transformasi BUMN. Pertama meningkatkan kontribusi BUMN kepada negara melalui dividen, pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Selama 10 tahun terakhir, kontribusi BUMN kepada negara mencapai Rp3.290 triliun. Untuk itu perseroan BUMN harus mampu meningkatkan kontribusi lebih.

"BUMN-nya sendiri tadi dividen 20 perusahaan dari 108, dan sekarang dari 41 perusahaan (pemberian dividen) 20 perusahaan juga yang dividen," ujar Erick.

Transformasi kedua, BUMN harus mampu bersaing dalam iklim pasar yang terbuka. Supply chain dan ekosistem perusahaan harus tetap terjaga agar bisa efisiensi dan sehat.

Transformasi ketiga adalah Public Service Obligation (PSO) BUMN. Aspek ini terkait dengan pelayanan BUMN kepada masyarakat. Pemerintah ingin BUMN memberikan manfaat nyata untuk masyarakat.

Transformasi keempat yaitu keberlanjutan program. Erick meminta, agar manajemen tetap melanjutkan program transformasi yang sudah dilakukan pimpinan sebelumnya.
Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Erick Thohir: Selamat Hari Radio Nasional

Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan Selamat Hari Radio Nasional
berita-headline

Viral

Elektabilitas Erick Thohir Meroket Tanpa Baliho

Tingkat keterpilihan Menteri BUMN Erick Thohir meningkat, berdasarkan survei Indonesia Political
berita-headline

Viral

Kabar Baik dari Erick Thohir, Kini UMKM Bisa Ikut Tender Perusahaan BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan jangan sampai perusahaan BUMN
berita-headline

Kanal

Erick Thohir Tak Lagi WFH Atau WFO, Tapi WFE

Pulang dari kunjungan kerja di Cirebon, Menteri Badan Usaha Milik
berita-headline

Kanal

Erick Thohir Ingin Perkuat Kerja Sama Penelitian Kampus-BUMN

Keterampilan dan keahlian mahasiswa di universitas bisa dikolabora