https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   14 August 2021 - 02:18 wib

Aturan Pelat Nomor Warna Putih Dilakukan Bertahap

Baru-baru ini pemerintah mewacanakan aturan baru pelat nomor putih tulisan hitam pada mobil dan motor. Penerapannya direncakan akan dilakukan secara bertahap.

Korlantas Polri berencana mengganti warna pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) menjadi warna putih. Pelat nomor atau TNKB umumnya berwarna hitam dengan tulisan warna putih. Namun, Polri bakal membaliknya.

Nantinya, kendaraan akan memakai pelat nomor putih tulisan hitam. Bagaimana aturan pelat nomor putih tulisan hitam tersebut?

Rencana tersebut didasarkan pada Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor per 5 Mei 2021.

Pihak Kepolisian melalui Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono menyebut, untuk implementasi dilakukan bertahap mengikuti manajemen anggaran pemerintah.

"Dianggarkan terlebih dahulu tahun ini dan tahun depan baru pengadaan material TNKB-nya. Setelah TNKB-nya ada baru kita bisa pasang di kendaraan bermotor milik masyarakat," ucapnya, Kamis (12/8/2021).

Lanjutnya, terhadap proses pemasangannya pun akan dilakukan secara bertahap dimulai dari kendaraan baru yang akan didaftarkan, kendaraan yang masa berlaku TNKBnya habis atau kepemilikan dalam 5 tahun barulah ada pergantian plat nomor, sehingga rencana tersebut tidak merugikan masyarakat.

"Ini disebabkan TNKB ada PNBPnya atau dipungut biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak, sehingga TNKB pada dasarnya adalah milik masyarakat, ketika kita akan gantikan jangan merugikan masyarakat," jelas Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin. .

"Kalau diganti secara serentak, siapa yang mesti bayar PNBPnya. Hal ini juga perlu dipahami oleh masyarakat agar nantinya jangan kaget ketika di lapangan, ada 2 macam TNKB umum, yang lama dan yang baru," terangnya.

Adapun terkait desain pelat nomor kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) baru berwarna putih tulisan hitam tertulis dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor turut diatur dalam Pasal 44 ayat (1) berwarna dasar:

a. putih, tulisan hitam untuk Ranmor perseorangan, badan hukum, PNA dan Badan Internasional;
b. kuning, tulisan hitam untuk Ranmor umum;
c. merah, tulisan putih untuk Ranmor instansi pemerintah; dan
d. hijau, tulisan hitam untuk Ranmor di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(2) Warna TNKB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambahkan tanda khusus untuk Ranmor listrik yang ditetapkan dengan Keputusan Kakorlantas Polri.
(3) TNKB dipasang pada tempat yang disediakan di bagian depan dan belakang Ranmor yang mudah terlihat dan teridentifikasi.
(4) Standardisasi spesifikasi telmis TNKB ditetapkan dengan Keputusan Kalmrlantas Polri.
(5) Pengadaan material TNKB diselenggarakan secara terpusat oleh Korlantas Polri.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Polres Bojonegoro Telisik Aduan Terhadap Orang Tua Ayu Ting Ting

Kasat Reskrim Polres Bojonegoro AKP Fran Dalanta Kembaren mengatakan bahwa pihaknya telah menerim
berita-headline

Kanal

AFPI Apresiasi Langkah Polri Tindak Tegas Pinjol Ilegal

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengapresiasi dan mendukung langkah Polri men
berita-headline

Viral

Densus 88 Tangkap Empat Tersangka Teroris dari Kelompok JI

Empat tersangka teroris dari kelompok Jamaah Islamiyah (JI) ditangkap oleh Tim Detasemen Khusus (
berita-headline

Viral

Polda Metro Jaya Tempatkan Personel di Sekolah yang Gelar PTM

Polda Metro Jaya menempatkan personel di setiap sekolah di DKI Jakarta yang menggelar pembelajara
berita-headline

Viral

Cerita '3 Anak Saya Diperkosa' Viral, Polisi Beri Komentar

Lini massa Twitter seharian kemarin ramai membahas sebuah cerita sedih pengakuan seorang ibu yang