https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   22 September 2021 - 16:34 wib

Aliran Ini Percayai Naik Haji ke Gunung Kerinci

Viral
berita-headline

istimewa

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat saat ini sedang memantau adanya aliran yang mempercayai naik haji bukan hanya ke Tanah Suci Mekah tapi cukup ke Gunung Kerinci.

"Lokasinya berada di Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas. Aliran ini mempercayai jika pergi ke Gunung Kerinci, Jambi maka sudah bisa dikatakan naik haji," kata Bripka Abdel Kemal, Kepala Unit 3 Satuan Intel Polres Pasaman Barat.

Menurutnya aliran kepercayaan itu bernama Jamiatul Islamiyah yang tengah diawasi oleh Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dalam Masyarakat (Pakem) Kabupaten Pasaman Barat. Namun aliran kepercayaan itu tidak tampil secara terang-terangan di masyarakat.

Tak hanya Jamiatul Islamiyah, aliran kepercayaan lainnya juga terpantau masih eksis yakni Baha'i. Keduanya diketahui masih ada di Pasaman Barat yang dikhawatirkan menyebarkan kepercayaannya ke tengah masyarakat.

Abdel mengatakan aliran kepercayaan Baha'i pernah muncul di kawasan Jorong Simpang Empat pada 2019 lalu, namun kehadiran mereka ditentang masyarakat setempat. Mereka tidak diizinkan menggelar kegiatan di daerah tersebut.

"Anggotanya (Baha'i), terpantau berjumlah  20 orang atau sekitar delapan kepala keluarga," tandasnya.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan