https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   27 September 2021 - 10:13 wib

Anggota Brimob Gugur, Pentolan KKB Meninggal

Viral
berita-headline

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah. Baku tembak dengan anggota TNI-Polri tak terelakkan pasca aksi keji KKB di Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua.

Akibatnya, seorang anggota Brimob bernama Bharada Muhammad Kurniadi gugur.

"Saat membuka perimeter, terdapat tembakan yang menyebabkan peluru mengenai arteri ketiak kanan Bharatu M Kurniadi kemudian diketahui KKB tersebut melompat ke Jurang dan melarikan diri," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Minggu (27/9/2021).

Jenazah Muhammad Kurniadi sempat disemayamkan di RSUD Oksibil. Kemudian, jenazah diterbangkan ke Jayapura. Bharada Muhammad Kurniadi Sutio berasal Aceh di Kampung Tamiang, Kabupaten Aceh Tamiang. Jenazah akan diterbangkan ke Sumatera sore ini.

"Jenazah sudah dievakuasi dari Kiwirok dan akan diotopsi di RS Bhayangkara, selanjutnya akan diterbangkan ke kampung halaman untuk dimakamkan," kata Kamal.

Kontak senjata itu bermula ketika anggota TNI-Polri berjaga di Polsek Kiwirok, pada Minggu, 26 September. Namun, sekitar pukul 04.50 WIT, anggota KKB menyerang dan berujung saling tembak.

Usai kontak senjata berakhir, KKB yang melakukan penyerangan diketahui merupakan pimpinan Lamek Alipki Taplo. Hal ini diketahui berdasarkan pemetaan dan identifikasi."Pelaku dari KKB pimpinan Lamek Alipki Taplo yang menyerang saat anggota TNI-Polri melakukan penjagaan," kata Kamal.

Ini merupakan kelanjutan dari sederet ketegangan yang terjadi di Kiwirok, Papua, beberapa waktu terakhir akibat ulah KKB. KKB dengan keji membakar puskesmas di Kiwirok hingga menganiaya dan melecehkan tenaga kesehatan.

Korban berjatuhan akibat kekejian KKB di Kiwirok. Suster Gabriella meninggal akibat serangan KKB. Seorang anggota TNI, Pratu Ida Bagus Putu, kemudian gugur dalam baku tembak dengan KKB saat hendak mengevakuasi jenazah Suster Gabriella.

Imbas serangan KKB yang belum berakhir, aparat TNI-Polri mengungsikan warga Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, untuk sementara waktu karena teror yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) mengancam keselamatan warga.

Berdasarkan keterangan tertulis Satgas Humas Nemangkawi, Sabtu (25/9/2021), aparat TNI-Polri menyediakan pesawat untuk mengangkut para pengungsi pagi ini. Kegiatan evakuasi dipimpin Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Kurnito dan tim Satgas Nemangkawi.

Pentolan KKB Meninggal
Salah satu pentolan KKB yang terlibat sejumlah teror berdarah di Dekai, Ibu kota Kabupaten Yahukimo, Senaf Soll alias Ananias Yaluka, Minggu malam, 26 September 2021, meninggal di RS Bhayangkara, Jayapura.
 
"Memang benar ada laporan tentang meninggalnya Senaf Soll di RS Bhayangkara dan belum diketahui akan dimakamkan dimana. Polres Yahukimo yang menanganinya," kata Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani Senin (27/9/2021).
 
Data yang dihimpun mengungkap salah satu pimpinan KKB di Dekai meninggal Minggu malam sekitar pukul 22.30 WIT, setelah sempat dirawat di ICU dan jenazahnya masih berada di RS Bhayangkara.
 
Senaf Soll yang merupakan mantan anggota TNI AD, ditangkap Satuan Tugas Penegakan Hukum Nemangkawi, Rabu, 1 September 2021, di markas KNPB di Dekai.

Senaf Soll dipecat dari TNI pada 2019 sesuai Putusan Mahkamah Militer III Jayapura terkait jual beli amunisi dan senjata api di Kabupaten Mimika. Sebelum dipecat, ia bertugas di Yonif 754/ENK dengan pangkat prada.
 
Kasus yang melibatkan Senaf Soll antara lain pembakaran ATM Bank BRI pada 2019, pembunuhan terhadap Staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas nama Hendry Jovinsky, dan pembunuhan terhadap warga sipil bernama Muhammad Toyib.
 
Kelompok Senaf Soll juga diketahui pernah melakukan sejumlah penganiayaan yang mengakibatkan tewasnya aparat, misalnya, penganiayaan terhadap dua anggota Yonif Linud 432/Kostrad.

Sandera Dibebaskan
Pada Sabtu (25/9/2021), Tenaga kesehatan (nakes) Gerald Sokoy yang dinyatakan hilang saat penyerangan teroris KKB di Kiwirok, telah dijemput pemerintah daerah kabupaten Pegunungan Bintang.

Gerald Sokoy tiba di bandara Oksibil pukul 13.10 WIT dengan menggunakan pesawat Milik Perusahan Reven Global Airtranspor, Jenis Caravan PK-RVE dari Distrik Ohkika langsung dibawa ke Jayapura bersama Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang, Spey Bidana.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

KKB Makin Beringas Tetapi Jauh dari Klaster PON XX Papua

Kegalakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) semakin menjadi. Aksi brutal tak hanya menyasar masy
berita-headline

Inersia

Sedih Tak Dianggap Pahlawan, Nakes Malah Jadi Korban Serangan KKB

Ratusan tenaga kesehatan (nakes) menggelar aksi long march dan bakar seribu lilin di sepanjang Ja
berita-headline

IXU

Gangguan KKB Jelang PON XX? Ini Kata Kapolda Papua

Gebyar Pekan Olahraga Nasional ke-20 (PON XX ) yang berlangsung Ok
berita-headline

Viral

IDI Papua Siapkan Pendampingan Tenaga Kesehatan Korban Penyerangan KKB

Hampir dua pekan setelah penyerangan para tenaga kesehatan di Puskesmas Kiwirok-Kabupaten Pegunun