https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   28 September 2021 - 09:49 wib

Inggris Alami Krisis BBM, Kendaraan 'Mengular' di SPBU

Viral
berita-headline

Inggris Alami Krisis BBM, Kendaraan Mengular di SPBU (Instagra/@thelyrical76)

Antrean kendaraan mengular di SPBU-SPBU seluruh Inggris selama beberapa hari terakhir. 'Panic Buying' warga berebut dan menyetok BBM karena takut kehabisan stok.

Hampir 90 persen SPBU di kota-kota besar Inggris kehabisan stok bahan bakar minyak (BBM) pada Senin (27/9/2021).

Usut punya usut, krisis BBM di Inggris ini lantaran kurangnya jumlah sopir truk pengangkut. Kelangkaan sopir truk, pertama kali sejak Inggris menarik diri dari Uni Eropa (Brexit) sehingga mengganggu rantai pasokan bahan bakar.

Meskipun pemerintah Inggris sudah meminta agar masyarakat tak panik dan tetap tenang. Antrian kendaraan tetap saja mengular di berbagai SPBU.

British Petroleum (BP) pada Ahad mengatakan, hampir sepertiga SPBU mereka di Inggris telah kekurangan stok dua produk BBM utama. Untuk mengatasi kelangkaan, pemerintah telah menangguhkan undang-undang persaingan usaha.

Menteri Bisnis Inggris Kwasi Kwarteng mengatakan, penangguhan itu memungkinkan perusahaan berbagi informasi dan berkoordinasi dalam tindakan respons."Langkah itu akan memudahkan pemerintah bekerja secara konstruktif dengan produsen, pemasok, pengangkut, dan pengecer BBM untuk memastikan gangguan sedapat mungkin diminimalkan," kata kementerian bisnis dalam pernyataannya.

Pemerintah pada Ahad mengumumkan rencana untuk mengeluarkan visa sementara bagi lima ribu sopir truk asing. Namun, para pebisnis mengingatkan pemerintah bahwa rencana itu hanya solusi jangka pendek dan tidak akan mengatasi kelangkaan tenaga kerja yang parah.

Beberapa pengusaha memutar otak untuk itu. Mereka bahkan memberikan insentif agar ada lebih banyak yang mengambil pekerjaan tersebut. Bahkan ada yang menawarkan gaji 70.000 poundsterling atau US$ 95.750 per tahun, setara Rp 1,36 miliar (kurs Rp 14.200). Selain itu, ada pula bonus untuk bergabung senilai 2.000 poundsterling.

Krisis Makanan Lebih Dulu

Sebelum krisis BBM, Inggris sudah lebih dulu 'dihajar' krisis makanan. Penyebabnya sama, kekurangan sopir pengangkut serta naiknya harga gas alam dan produk turunannya, karbondioksida. Pemerintah sampai mengeluarkan jutaan poundsterling untuk mencegah kelangkaan makanan.

Beberapa produk terlihat sudah mulai kosong di rak-rak supermarket Inggris. Kenaikan harga gas telah berimbas pada ditutupnya dua pabrik pupuk besar di Teesside dan Cheshire tutup. Pabrik ini diketahui menghasilkan karbon dioksida (CO2) sebagai produk sampingan.

CO2 digunakan untuk penyembelihan dan sistem pendingin guna memperpanjang stok makanan, seperti daging, unggas bahkan minuman bersoda. Kepala Eksekutif Asosiasi Pengelola Daging di Inggris mengatakan dua minggu lagi kemungkinan produk-produk akan menghilang di rak-rak supermarket.

Hal sama juga dikatakan perusahaan penyuplai makanan Inggris, Bernard Matthews dan 2 Sisters Food Group. Pasokan kalkun untuk Natal misalnya terancam."Sekarang tanpa pasokan CO2, Natal bisa batal," kata pemilik perusahaan Ranjit Singh Boparan.

Harga gas alam yang semakin mahal membuat kendaraan bermotor harus bersaing dengan industri untuk bertahan hidup. Mahalnya harga gas alam, yang melonjak 35,44% dalam sebulan terakhir, membuat dunia usaha berpaling ke bahan bakar minyak (BBM) sebagai sumber energi.

Bakal Gunakan Tentara
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson diketahui akan segera rapat darurat untuk mengatasi permasalahan ini. Ia akan menggunakan skema 'Operasi Escalin' untuk menyelesaikan hal ini.

Ratusan tentara akan dikerahkan untuk segera mengemudikan truk BBM dan memindahkannya kepada SPBU-SPBU di seluruh kota.

Para menteri yang ada di Inggris pun sepakat kalau kebijakan ini harus segera diberlakukan sebelum ada krisis lebih parah. Karena, meskipun kebijakan 'Operasi Escalin' diberlakukan, krisis bensin akan berlangsung seminggu ke depan.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Arena

Lempar HP ke Lapangan, Fans Norwich Dihukum

INILAHCOM, Jakarta - Fans Norwich City mendapat hukuman dari klub karena tindakannya m
berita-headline

Viral

Inggris Segera Hapus Indonesia dari 'Daftar Merah' Perjalanan

Inggris akan menghapus Indonesia dari daftar merah perjalanan pada pekan ini, sehingga nantinya t
berita-headline

Inersia

Mau Hemat BBM? Ini 10 Tips Eco-Driving

Cara berkendara menjadi salah satu faktor utama kebersihan lingkungan dari kadar CO2 (Karbondioks
berita-headline

Viral

Dua Gol Lukaku Antar Chelsea Taklukkan Villa

The Blues Chelsea sukses mengamankan 3 poin saat menjamu Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris
berita-headline

Viral

MotoGP: Quartararo Perkokoh Posisi Pemuncak Klasemen Usai Juarai GP Inggris

Fabio Quartararo kian mengokohkan posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara pembalap MotoGP s