https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   28 September 2021 - 15:05 wib

Punya Hutang Rp31 Triliun, Erick Thohir Endus Indikasi Korupsi di PT Krakatau Steel

Viral
berita-headline

Menteri BUMN rick Thohir bersama Presiden Jokowi di PT Krakatau Steel. (Instagram.com/erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengendus adanya dugaan korupsi di PT Krakatau Steel (Persero).

Dugaan korupsi di PT Krakatau Steel (Persero) itu disampaikan Erick dalam acara talkshow Bangkit Bareng, Selasa (28/9/2021). 

PT Krakatau Steel (Persero) diketahui mempunyai utang sebesar Rp31 triliun. Utang triliunan itu salah satunya disebabkan karena investasi sebesar US$ 850 juta untuk proyek blast furnace yang kini mangkrak.

"Ini kan hal-hal yang tidak bagus, pasti ada indikasi korupsi, dan kita akan kejar siapapun yang merugikan, karena ini kembali bukannya kita ingin menyalahkan, tetapi penegakan hukum kepada bisnis proses yang salah harus kita perbaiki," kata Erick.

Melalui transormasi BUMN, Anggota Komite Olimpiade Internasional itu ingin ‘membereskan' utang-utang BUMN. Tidak hanya melakukan transformasi dalam korporasi perusahaan pelat merah, tetapi Erick juga mentransformasi proses bisnis BUMN.

Erik mengatakan, transformasi di PT Krakatau Steel (Persero) saat ini berjalan dengan baik. Bahkan setelah delapan tahun merugi, kini PT Krakatau Steel (Persero) untung hingga Rp800 miliar.

Secara bertahap, Anggota Dewan Pusat Basketball International Federation (FIBA) itu terus meningkatkan kinerja PT Krakatau Steel (Persero).

"Step 1 bagaimana tadi kita membuat subholding untuk kawasan industri yang ada di Krakatau Steel supaya integrated untuk airnya, listriknya, lahannya dan lain-lain dikelola secara profesional dan kita akan go public, supaya ada funding baru mencicil utang yang US$2 miliar tadi," paparnya.

Erick menambahkan, pemerintah juga akan meningkatkan kepemilikan saham di PT Krakatau Steel (Persero).

"Yang kedua kita juga kembali bersama Posco kita negosiasi yang tadinya kita saham minoritas, kita ingin juga menjadi paling tidak menjadi 50:50, karena partnership dengan Posco ini luar biasa. Saya terima kasih sama Posco yang sudah bekerja sama secara baik 6-7 tahun terakhir, dan ini nett income-nya sangat positif dari Posco ini," tandasnya.

Sebelumnya, Erick juga mengungkapkan ada indikasi korupsi PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Hal itu dikemukakan Erick dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI. Bahkan utang PTPN melebihi utang PT Krakatau Steel (Persero).

"Contoh di PTPN ada step-nya di mana step yang harus dilakukan ketika PTPN punya utang Rp43 triliun dan ini merupakan penyakit lama dan kita sudah tahu dan ini suatu yang saya rasa korupsi terselubung, harus dibuka dan dituntut yang melakukan ini," kata Erick di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (22/9/2021) pekan lalu.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Bangun Jembatan untuk Warga Desa Cikuya-Banten, Erick Thohir 'Izin' ke Penarik Getek

Dalam kunjungannya ke Desa Cikuya, Banten, akhir pekan lalu, Mente
berita-headline

Viral

Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Jokowi Maju Kena Mundur Kena

Pemerintah memastikan kelanjutkan pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung menggunakan Anggar
berita-headline

Viral

Pemerintah Kucurkan PMN Rp35 Triliun untuk Tujuh BUMN

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyetujui Penyertaan Modal
berita-headline

Kanal

Erick Thohir: Selamat Hari Radio Nasional

Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan Selamat Hari Radio Nasional
berita-headline

Kanal

Erick Thohir: Indonesia Bisa Cetak Generasi Emas Melalui Karya Seni

Menteri BUMN Erick Thohir mendorong mewujudkan generasi emas pada 2030 yang mandiri dan berjiwa s