https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   01 October 2021 - 09:00 wib

Potret Buram KPK

Novel Baswedan dan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lainnya resmi dipecat pada Kamis (30/9/2021). Mereka tak lagi bekerja di lembaga anti korupsi, karena tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) sehingga tidak dapat diangkat menjadi ASN KPK.

Pada kesempatan ini Novel juga membantah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk mempertanyakan status hukum pemecatannya.

"Saya tidak bertemu Presiden. Saya bersama kawan-kawan ketika sudah mengembalikan barang-barang yang merupakan inventaris kantor," kata Novel, dikutip dari tayangan Youtube salah satu televisi swasta.

Novel dan 57 pegawai lainnya tampak  datang dan meletakkan kartu identitas di depan halaman gedung KPK. Lalu memeluk pegawai lainnya, termasuk petugas security dan meninggalkan gedung KPK sembari melambaikan tangan.

Eks Pegawai KPK Belum Putuskan Akan Kemana

Polri diketahui memberikan kesempatan kepada 58 pegawai nonaktif KPK yang tidak lolos TWK untuk menjadi ASN di Polri.

Bahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo terkait rencana penarikan pegawai nonaktif KPK tersebut ke Polri untuk memenuhi kebutuhan di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Presiden, menurut Listyo, telah memberikan restu untuk perekrutan pegawai nonaktif KPK tersebut ke lingkungan Polri.

Sementara itu, mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap, yang ikut dipecat bersama Novel belum memutuskan akan ke mana.  

Dalam beberapa hari ke depan pria yang kerap muncul dalam advokasi kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan pada 2017 lalu itu, ingin menikmati  hari-hari bersama keluarga. Juga sahabat, sebab selama 14,5 tahun sibuk  bekerja menjalankan segala hak dan kewajiban sebagai pegawai KPK.

"Namun yakinlah bahwa saya tetap akan bekerja bagi negeri ini seperti saat menjadi penyidik ketika memberantas korupsi selama ini," tulis Yudi dalam akun Facebooknya.

Novel Baswedan Cs Bukan Pengemis Pekerjaan

Niat Kapolri Jenderal Listyo Sigit  mengangkat 58 pegawai KPK yang tidak lolos TWK menjadi ASN di lingkungan Polri, disoroti Abraham Samad.  

Mantan Ketua KPK itu menegaskan 58 pegawai KPK yang resmi diberhentikan bukan pengemis pekerjaan. Dia juga pesimis soal pemberantasan korupsi di KPK ke depan.

Pasalnya 58 pegawai yang dipecat merupakan pegawai berintegritas tinggi saat bertugas membrantas praktik korupsi.

Bahkan Novel diketahui sempat menerima penghargaan antikorupsi dari Perdana International Anti-Corruption Champion Foundation (PIACCF). Novel dinilai telah bekerja keras, berani, berdedikasi, dan berkomitmen dalam memberantas korupsi.

"Bukan pengemis untuk meminta ke 58 orang ini disalurkan jadi ASN di tempat lain," kata Abraham Samad di Depan Kantor Dewas KPK.


Potret Buram KPK

Bersamaan dengan hari KPK resmi memberhentikan 58 pegawai KPK yang tak lulus dalam TWK dengan hormat. Eks Juru Bicara KPK Febri Diansyah, menyampaikan ada pegawai lembaga anti rasuah yang masih aktif  mengirikan kepadanya foto-foto buram gedung KPK.


Dalam keterangan foto yang dikirim,  turut di sampaikan 'duka cita' mendalam atas pemberhentian 58 rekan pegawai KPK. Mereka dipecat ketika sedang gencar-gencarnya melakukan  pemberantasan korupsi.

"Per hari ini 30 September 2021 sejarah mencatat penyingkiran pegawai KPK terbaik ketika sedang bekerja memberantas korupsi," tulis Febri dalam akun Twitternya. 

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Mengejar 'Orang Dalam' Azis di KPK

Mantan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengaku tahu siapa-siapa
berita-headline

Viral

Novel Baswedan Cs Keluar Dengan Kepala Tegak

Novel Baswedan bersama 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lainnya resmi dipecat pada K
berita-headline

Viral

Penuh Haru, Momen Novel Cs Pamit Dari KPK

Mantan Penyidik senior KPK Novel Baswedan memimpin rekan-rekannya menyerahkan ID Card ke Gedung M
berita-headline

Viral

Novel Baswedan, dari Penyidik Senior Kini Jadi YouTuber

Mantan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mulai melakukan aktivita
berita-headline

Viral

Hari Ini Novel Cs Dipecat, KPK Dijaga Ketat

Sebanyak 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang gagal dalam tes wawasan kebangsaan (T