https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   02 October 2021 - 13:39 wib

Dorong UKM Indonesia Go Internasional, Mendag Lutfi Jajaki Expo 2020 Dubai

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi gencar membuka pasar baru bagi produk ekspor 'made in' Indonesia. Berbagai ajang promosi perdagangan dijajaki, termasuk hajatan World Expo 2020 di Dubai.

Dalam perhelatan berkelas dunia ini, Mendag Lutfi optimis, peluang ekspor Indonesia semakin menguat. Sekaligus pembuktian bahwa perekonomian dunia sudah memasuki fase pemulihan dari pandemi COVID-19.

“World Expo di Dubai ini adalah harapan yang juga menandai titik balik pemulihan global kita,” kata Mendag Lutfi dalam pembukaan Paviliun Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (1/10/2021).

Indonesia berpartisipasi dalam acara ini melalui sebuah bangunan megah yaitu Paviliun Indonesia yang berdiri di antara 192 negara yang berada di kawasan gelaran Expo 2020 Dubai.

Mendag Lutfi menuturkan, Indonesia akan membangun dan memanfaatkan momentum ini untuk mengatasi tantangan dan tekanan yang terjadi selama dua tahun terakhir.

“Saya percaya partisipasi kami dan paviliun. Kami menyajikan yang terbaik dari masa depan bagi Indonesia dan dunia,” kata Mendag Lutfi.

Partisipasi Indonesia dalam pemulihan global lewat gelaran Expo 2020 Dubai dilakukan dengan menunjukkan kapasitas, komitmen, dan kontribusinya untuk menciptakan tempat yang lebih baik di masa depan.

Upaya itu tergambar melalui tema yang diusung yakni 'Creating the Future, From Indonesia to The World' dengan konsep 'Connecting Yesterday, Today and Tomorrow'.

Tema dan konsep ini dihadirkan melalui tiga zona yang berada di dalam Paviliun Indonesia yaitu 'Yesterday', 'Today', dan 'Tomorrow' yang menggambarkan Indonesia di masa lalu, sekarang, dan kesiapan masa depan.

Salah satu contoh upaya Indonesia dalam mendukung pemulihan adalah dengan melibatkan lebih dari 300 produk usaha kecil dan menengah (UKM) dalam acara ini.

Pelaku UKM selama ini merasakan tekanan luar biasa akibat pandemi COVID-19 sehingga langkah tersebut merupakan inisiatif pemerintah untuk mendukung UKM agar mampu dijangkau oleh pasar global.

Ia pun berharap partisipasi Indonesia dalam Expo 2020 Dubai yang menampilkan kekayaan sumber daya alam (SDA) hingga kebudayaan akan mampu menarik investor dan meningkatkan volume perdagangan sehingga indikator pemulihan dapat tercipta.

“Yang lebih penting adalah (acara ini) menawarkan peluang untuk berdagang dan berinvestasi,” ujar Mendag Lutfi.



Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Jagung Mahal, Mendag Lutfi Sudah Prediksi, Masalahnya Stok Memang Tak Cukup

Hari-hari ini, masalah jagung cukup menyalitkan para peternak ayam petelur. Lantaran jagung langk
berita-headline

Viral

Mendag Lutfi: Ekspor Meroket, Sumbangan UMKM Masih Nomor Buncit

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebutkan bahwa nilai ekspor dari pelaku usaha mikro kecil d
berita-headline

Viral

Erick Thohir Jamin Mendag Lutfi Bukan Sosok yang Suka Impor

Sejak awal, Presiden Joko Widodo mewanti-wanti para menteri untuk mengurangi ketergantungan terha
berita-headline

Viral

Neraca Dagang Surplus Besar Ekonomi Segera Pulih, Mendag Lutfi Sumringah

Dari hari ke hari, neraca perdagangan Indonesia menunjukkan pergerakan yang menggembirakan. Di ma
berita-headline

Viral

Indonesia Gudangnya Produk Halal, Mendag Lutfi Genjot Perdagangan dengan UEA Lewat IUAE-CEPA

Langkah Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mendorong semakin derasnya perdagangan antara